Search
Rabu 19 Juni 2019
  • :
  • :

FPK se Sumut Minta Parpol Kampanye Santu & Tidak SARA

Starberita – Medan, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Se Sumatera Utara mendeklarsikan Pemilu Damai agar tidak terjadi konflik di tengah tengah masyarakat .

Deklarasi dibacakan oleh Ketua FPK Asahan Parenta diikuti seluruh Ketua FPK kabupaten/kota, dihadapan Gubsu Edy Rahmayadi diwakili oleh Kaban Kesbangpol Sumut Suriadi Bahar SH MH di Hotel Grand Kanaya Medan, Selasa (12/3/2019)

Dalam deklarasi itu FPK Se Sumut meminta agar seluruh peserta Pemilu yakni partai politik, Capres Cawapres dan Calon Anggota DPD serta penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu serta seluruh lapisan masyarakat itu bersama-sama ikut menyukseskan Pemilu dan menjaga suasana kondusif agar Pemilu berjalan dengan aman dan lancar.

Usai membacakan deklarasi naskah deklarasi diserahkan ke Kepala Kesbangpol Sumut Suriadi Bahar.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi diwakili Kepala Kesbangpol Sumut Suriadi Bahar SH MH membuka secara resmi Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK). Dalam sambutannya Gubsu meminta agar kegiatan ini bisa menghasilkan sikap untuk disampaikab ke tengah masyarakat untuk menjaga harmonisasi dan cinta kebangsaan sehingga tercipta suasana kondusif khususnya menjelang Pemilu 2019 mendatang.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menghasilkan sebuah sikap yang disamaaikan ke tengah masyarakat agar tercipta suasana harmonis dalam kebangsaan apalagi kita menghadapi Pemilu 17 April 201,” sebut Gubsu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Kabid Bina Idelogi Wawasan Kebangsaan Karakter Bangsa Achmad Firdaus Hutasuhut melaporkan kegiatan ini diikuti seluruh pengurus FPK dan Kaban Kesbangpol se Sumut.

Acara juga dilanjutkan dengan dialog bersama sejumlah narasumber yaknj Prof Dr Hasan Bakti Nasution MA (MUI Sumut) Dr Arifin Syah MAg (Ketua FPK Sumut), Bishop Pdt Dr Darwin Manurung (PGI Sumut) Dr Muhammad Aswin MAP, Dr Warjio MA (Ketua Prodi Politik USU).

Pada deklarasi tersebut juga diminta kepada seluruh etnis agar tetap memelihara kerukunan dan kedamaian yang telah terbangun selama ini.

FPK juga meminta semua Partai Politik dalam setiap kampanye senantiasa menampilkan kampanye damai santun dan menyejukkan serta berkompetisi secara sehat.

Selain itu, mereka juga meminta supaya segenap kampanye dapat menghindari hoaks ujaran kebencian dan fitnah yang berdimensi SARA .

Mereka juga mengimbau segenap umat beragama agar dapat berpartisipasi aktif bagi terselenggaranya Pemilu serentak yang berkualitas dengan mengedepankan kerukunan dan memberikan hak suara sesuai dengan pilihan masing masing .

Terakhir juga diminta kepada KPU, Bawaslu dan aparat penegak hukum senantiasa menegakkan supremasi hukum demi terselenggaranya Pemilu yang jujur, adil, damai dan berkualitas. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: