Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bisa Merusak Gigi, Hindari 8 Jenis Makanan Ini
Search
Selasa 24 September 2019
  • :
  • :

Bisa Merusak Gigi, Hindari 8 Jenis Makanan Ini

Starberita – Jakarta, Tak hanya cara perawatan yang kurang tepat, beberapa jenis makanan ternyata juga bisa merusak kondisi gigimu lho, Gengs. Wah, kira-kira apa saja ya jenis makanan yang dapat merusak kondisi gigi? Yuk, cari tahu selengkapnya dibawah ini!

Bagaimana Makanan Dapat Merusak Gigi?

Kebiasaan buruk, seperti malas menyikat gigi atau tidak rutin ke dokter gigi, memang dapat merusak kondisi kesehatan gigimu. Namun tidak hanya itu, beberapa jenis makanan yang Kamu konsumsi juga sangat berisiko merusak gigi.

Makanan dan minuman yang Kamu konsumsi bisa menyebabkan timbulnya plak pada gigi. Plak adalah lapisan tipis bertekstur lengket yang terbentuk dari bakteri. Plak yang terus menumpuk bisa memicu timbulnya berbagai permasalahan gigi dan gusi.

Biasanya, setelah mengonsumsi camilan atau makanan manis, kandungan gula di dalamnya akan menyebabkan bakteri melepaskan asam yang merusak enamel gigi. Apabila enamel gigi sudah rusak, gigi akan lebih rentan berlubang.

Makanan Apa Saja yang Merusak Gigi?

Makanan dan minuman yang Kamu konsumsi bisa menempel dan menyebabkan kerusakan gigi jika tidak segera dibersihkan. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat merusak gigimu.

1. Permen Asam atau Manisan

Sejak kecil, mungkin Kamu diingatkan untuk tidak sering-sering makan permen ya, Gengs. Yup, ini karena permen bisa merusak kondisi gigimu. Nah, tetapi Kamu tahu enggak sih Gengs, kalau permen yang memiliki rasa asam memiliki dampak yang lebih buruk terhadap kondisi gigi?

Terlebih jika permen yang asam tersebut memiliki tekstur yang kenyal seperti manisan. Tekstur yang kenyal dapat membuat permen mudah menempel pada bagian gigi dan akhirnya menimbulkan kerusakan jika tidak segera dibersihkan.

2. Roti

Saat Kamu mengunyah roti, air liur akan memecah pati menjadi gula, yang kemudian berubah menjadi zat kental mirip pasta. Jika Kamu mengonsumsi roti dan tidak langsung menyikat gigi, zat kental tersebut akan menempel pada celah diantara gigi, yang lama-kelamaan bisa membuat gigi berlubang.

Nah, untuk menghindarinya, cobalah untuk mengonsumsi jenis roti yang terbuat dari gandum utuh. Roti dengan gandum utuh memiliki kandungan gula yang lebih sedikit, sehingga tidak mudah terpecah dan berubah menjadi zat kental yang merusak gigi.

3. Alkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi alkohol memang tidak baik untuk kesehatan, termasuk bagi kondisi gigimu. Sadar atau tidak, ketika minum alkohol, mulutmu cenderung akan menjadi lebih cepat kering.

Kondisi ini terjadi karena mulut kekurangan air liur. Padahal, air liur sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mulut, termasuk gigi. Air liur mencegah makanan menempel pada bagian gigi dan membersihkan sisa-sisa makanan.

Bahkan, air liur juga dapat membantu memperbaiki tanda-tanda awal kerusakan gigi, penyakit gusi, dan infeksi mulut lainnya. Maka dari itu, untuk menjaga mulut tetap terhidrasi dan tidak kering, minumlah banyak air dan gunakan larutan floride serta larutan hidrasi oral.

4. Minuman Berkarbonasi

Sebuah studi menemukan bahwa meminum minuman berkarbonasi dalam jumlah banyak dapat merusak gigi. Ini sama dampaknya seperti saat seseorang mengonsumsi metamfetamin dan kokain.

Soda berkarbonasi memungkinkan plak menghasilkan lebih banyak asam untuk merusak enamel gigi. Jadi jika Kamu meminum soda sepanjang hari, secara otomatis Kamu telah melapisi gigimu dengan zat asam.

Ditambah lagi, minuman ini juga dapat membuat mulut kering, sehingga hanya menghasilkan sedikit air liur. Dampak lebih buruknya lagi, soda berwarna gelap bisa menghitamkan atau menimbulkan noda pada gigi. Perlu diingat pula nih Gengs, hindari menyikat gigi setelah meminum soda karena proses ini bisa mempercepat terjadinya kerusakan!

5. Es Batu

Menurut American Dental Association, mengunyah sesuatu yang keras seperti es batu dapat merusak enamel gigi. Ini dapat membuat gigi Kamu lebih rentan mengalami masalah, seperti gigi patah, goyang, atau melonggar dari gusi. Tidak apa-apa menambahkan es batu untuk mendinginkan minumanmu, tetapi sebaiknya hindari untuk mengunyahnya.

6. Jeruk dan Lemon

Jeruk dan lemon memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kaya akan vitamin C. Namun di sisi lain, buah ini juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga dapat mengikis lapisan enamel gigi. Apabila lapisan enamel gigi menipis, gigi menjadi lebih rentan mengalami kerusakan.

Selain merusak gigi, asam dari jeruk dan lemon juga bisa memperburuk kondisi luka di mulut. Untuk itu, jika memang Kamu ingin mengonsumsi jeruk dan lemon, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang secukupnya dan tidak berlebihan. Usahakan juga untuk minum atau berkumur air putih setelah mengonsumsi keduanya.

7. Keripik Kentang

Keripik kentang memang menjadi pilihan camilan yang enak ya saat menonton atau sekadar bersantai? Namun, Kamu harus tahu kalau keripik kentang memiliki kandungan pati yang tinggi, sehingga sarat akan gula.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, sama seperti roti, gula yang terkandung dalam keripik kentang akan terperangkap di antara gigi dan bakteri di dalam plak gigi akan memakannya. itu artinya sama saja kita memberi makan bakteri dan mereka pun semakin berkembang biak. Alhasil, kondisi gigimu menjadi cepat rusak, deh.

8. Buah Kering

Mungkin selama ini Kamu menganggap bahwa buah-buahan kering adalah camilan yang sehat. Yup, ini memang benar sih, Gengs. Sayangnya, beberapa jenis buah kering, seperti aprikot atau kismis, memiliki tekstur yang kenyal dan lengket.

Akibatnya ketika Kamu memakan buah-buahan kering tersebut, mereka akan menempel pada bagian gigi dan meninggalkan gula di sana. Nah, agar gula dari buah-buahan kering ini tidak merusak kondisi gigimu, usahakan untuk selalu berkumur dengan air dan menyikat gigi setelah mengonsumsinya.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat merusak kondisi gigimu, Gengs. Perawatan yang tepat memang diperlukan untuk menjaga kondisi gigi, tetapi jangan lupa juga untuk memperhatikan makanan dan minuman yang Kamu konsumsi.

Jangan sampai sudah repot-repot merawat gigi, gigimu masih tetap rusak karena makanan yang Kamu konsumsi secara sembarangan. (sbc-02/gsc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: