Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ketua PWI Asahan: UKW Adalah Upaya Peningkatan Kualitas Wartawan
Search
Senin 18 November 2019
  • :
  • :

Ketua PWI Asahan: UKW Adalah Upaya Peningkatan Kualitas Wartawan

Starberita – Kisaran, Uji Kompentensi Wartawan (UKW) merupakan suatu kebutuhan yang sangat pokok dalam upaya peningkatan kualitas kewartawanan menjadi professional dalam bidangnya.

“Jangan jadikan momok untuk mengikuti UKW, karena UKW selain dapat meningkatkan kualitas dan professional juga dapat menghindari penyalahgunaan profesi kewartawanan,” ungkap Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang, dalam sambutan malam resepsi sosialisasi UKW dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, di Nada Resto Kisaran, Senin (25/2/2019).

Indra berharap setelah sosialisasi UKW yang diikuti seratusan wartawan Senin pagi, dapat memberikan kesadaran serta motifasi kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menjadi wartawan berkompetensi dalam bidang yang digeluti.

“Keberadaan pers saat ini memiliki pengaruh cukup strategis dalam perkembangan dan kemajuan sektor usaha kecil dan menengah, terutama dalam menghadapi kemajuan jaman dan arus digitalisasi yang sangat pesat”.

Kritik dan saran dari pers sangat kami butuhkan dalam upaya meningkatkan kinerja dalam bekerja dengan baik untuk membangun ekonomi kerakyatan berbasis digitalisasi yang selama ini dicita citakan, kata Wakil Bupati Asahan Surya Bsc yang turut hadir dalam malam resepsi HPN 2019.

Surya mengharapkan peran pers dalam menyuarakan dan menghadirkan masukan kepada pemerintah “di era serba digital ini pemberitaan dan kritik dari pers merupakan salah satu elemen yang diperhatikan oleh pemerintah dalam merumuskan berbagai program dan kebijakan yang akan dilaksanakan,” tandas Wabup.

Sementara Ketua PWI Propinsi Sumatera Utara Hermansjah menegaskan di era sebelum digitalisasi hingga saat ini, PWI berperan dalam mengawal pembangunan dan peran sertanya ikut bersinergi dengan pemerintah dalam menegakkan berbagai aturan dan produk hukum yang yang ada. “Pelihara kebersamaan, ikut menjaga kekondusifan sehingga stabilitas keamanan dapat terjaga,” kata Hermansjah sembari menegaskan bahwa UKW sangat penting untuk meningkatkan kualitas kewartawanan serta dapat menghindari penyalahgunaan profesi kewartawanan. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: