Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Wartawan Sebagai Insan Pers Dituntut Sadar Akan Profesi
Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

Wartawan Sebagai Insan Pers Dituntut Sadar Akan Profesi

Starberita – Kisaran, Bupati Asahan Taufan Gama mengatakan bahwa keberadaan Pers telah menempati posisi yang cukup strategis bagi Pemerintah dan Masyarakat.

“Oleh karena itu Wartawan sebagai Insan Pers dituntut untuk sadar akan Profesi, Beretika Jurnalistik, Terampil dalam menyikapi kemajuan zaman dan membela kepentingan publik”.

Hal itu dikatakan Bupati Taufan Gama disampaikan melalui Kepala Dinas Kominfo Rahmad Hidayat saat membuka kegiatan sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Nada Resto Jalan Abdy Satya Bhakti Kisaran, Senin (25/2/2019).

Pada kesempatan itu lanjut Rahmad mengimbau, Kepada Insan Pers yang belum mengikuti UKW agar dapat berpartisipasi dan mengikuti kegiatan tersebut dalam rangka untuk memantapkan profesionalitas , wawasan dan etika wartawan, terang Mantan Kabag Humas Pemkab Asahan.

Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang dihadapan puluhan Insan Pers yang mengikuti sosialisasi UKW menyampaikan, hari ini siapa saja bisa jadi wartawan. Kendati demikian, untuk menjadi seorang wartawan yang profesionalitas , wawasan dan beretika harus memiliki komfetensi. Dan itu sesuai SK Dewan Pers No.01 Tahun 2010.

“Komfetensi ini dapat melindungi, dan menghindarkan wartawan sesuai Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Komfetensi juga dapat mengangkat harkat martabat wartawan,” terang Indra sembari mengimbau kepada para Insan Pers untuk terus mengikuti sosialisasi UKW agar nantinya dapat dipahami dan dimengerti.

Sementara Wakil Ketua PWI Sumut Rizal Surya yang dalam hal ini sebagai perwakilan Ketua PWI Sumut menyampaikan, wartawan itu harus berkompeten. Jadilah wartawan Profesional memahami KEJ dan Undang-Undang No.40 tahun 1999 tentang kewartawan, ujar Rizal sembari memberikan apresiasi kepada Pemkab Asahan yang telah menganggarkan dana untuk UKW Insan Pers di Asahan “Manfaatkan kesempatan UKW ini,”tandas calon penguji UKW magang tersebut.

Sebelumnya Ketua Panitia Awalluddin dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan sosialisasi UKW yang dilaksanakan hari ini Senin di Nada Resto merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang baru pertama kali dilaksanakan di Kab. Asahan. Rangkaian kegiatan sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan MOU dengan Yayasan STMIK AMIK Royal Kisaran dan kegiatan Lomba membuat berita, tandasnya. (ssbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: