Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ini 5 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan yang Paling Umum
Search
Kamis 12 Desember 2019
  • :
  • :

Ini 5 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan yang Paling Umum

Starberita – Jakarta, Umumnya, sakit pinggang sebelah kanan banyak disebabkan oleh kebiasaan tubuh menggendong beban berat di bagian kanan. Nyatanya masih banyak penyebab pinggang kanan Anda menjadi nyeri atau sakit. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Berbagai hal penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Ada banyak kemungkinan sumber sakit punggung di bagian kanan, salah satunya masalah pada organ di daerah abdomen, pinggang, atau bagian pelvis. Sakit dan nyeri tersebut bisa juga disebabkan oleh adanya peradangan pada organ dalam atau mungkin infeksi. Berikut merupakan hal yang menyebabkan pinggang kanan terasa sakit:

1. Gejala sakit ginjal

Gejala batu ginjal, infeksi saluran kencing dengan komplikasi ginjal, dan sakit ginjal memiliki ciri-ciri yang sama. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri pada bawah pinggang, bisa terjadi di bagian kanan maupun kiri.

Gejala sakit ginjal ini biasanya disertai rasa sakit saat kencing dan muntah. Sakit saat buang air kecil ini, umumnya terjadi akibat batu (kristal) ginjal yang bergerak melalui ureter dan akhirnya masuk ke dalam saluran kencing manusia. Dampak dari sakit ginjal ini tidak jarang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan, di mana salah satu ginjal berada di daerah tersebut.

2. Otot tegang

Penyebab paling sering dari sakit pinggang sebelah kanan  adalah akibat otot  yang menegang. Otot tegang bisa disebabkan pula oleh hal yang berbeda.

Contohnya antara lain, saat Anda mengangkat sesuatu yang tidak dalam posisi tubuh yang benar, salah bergerak, atau salah melakukan gerakan olahraga. Beberapa contoh tersebut sangat memungkinkan Anda untuk mengalami nyeri atau sakit pada pinggang, khususnya di bagian kanan.

3. Penyakit degeneratif tulang belakang

Penyakit yang terjadi pada tulang belakang manusia ini biasanya terjadi saat tulang di daerah lumbar (tulang belakang) mulai keropos. Mungkin, Anda juga pernah mengenalnya dengan nama “pengapuran” tulang. Biasanya banyak terjadi pada orang berusia lanjut atau kadang disebabkan oleh obesitas.

Untuk obesitas, pengapuran tulang akan terjadi ketika semakin  besar tekanan pada sendi, semakin mudah pula sendi akan menjadi lebih rapuh.

4. Lumbar disc syndrome

Sakit pinggang sebelah kanan ini sering disebabkan oleh postur tubuh yang tidak benar  ketika mengangkat beban. Akibatnya, bisa mengurangi fungsi diskus tulang rawan bagian belakang tubuh.

Ketika celah diskus tulang rawan menyempit lalu tulang akan terdorong, sehingga menyebabkan tekanan pada tulang atau saraf punggung bagian kanan atau kiri. Jika satu saraf  terganggu, punggung atau pinggang akan terasa kesemutan, mati rasa dan bahkan mudah sakit.

5. Penyakit radang panggul

Pelvis Inflammatory Diseases (PID) disebut juga sebagai penyakit radang panggul adalah peradangan yang terjadi di sistem reproduksi dan saluran kemih wanita, termasuk rahim, ovarium, saluran tuba dan uretra.

PID adalah penyebab umum nyeri pada sisi kanan pinggang dan perut pada wanita. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual. Umumnya gejala PID adalah mengalami keputihan yang abnormal dan merasakan sakit saat buang air kecil.

6. Radang usus buntu

Jika Anda memiliki rasa sakit di sisi kanan pinggang yang berlangsung selama beberapa hari disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan demam, bisa jadi itu tanda radang usus buntu atau bahasa medisnya disebut apendisitis.

Usus buntu merupakan suatu kondisi yang sering dan dapat terjadi pada semua usia. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun. Pada kebanyakan kasus, nyeri yang berhubungan dengan apendisitis dimulai di bagian atas sekitar pusar, lalu menyebar ke sisi kanan bawah perut selama satu sampai dua hari. Sebagian orang yang mengalami usus buntu merasakan rasa sakit di sisi kanan yang menetap dan terasa semakin parah apabila bergerak.

5. Gangguan pada empedu

Jika kantung empedu seseorang mengalami peradangan atau kram biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang menjalar sampai ke bagian pinggang sehingga menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan.

Selain itu, beberapa orang yang mengalami gangguan di empedunya juga merasakan mual atau bahkan muntah ketika makan. Umumnya gangguan empedu yang paling sering dialami adalah batu empedu dan kolik empedu.

6. Penyebab lain yang tidak serius

Sakit pinggang sebelah kanan sebagian besar disebabkan masalah yang tidak serius dan akan membaik dengan sendirinya. Beberapa kebiasaan buruk bisa menyebabkan sakit pinggang seperti posisi Anda duduk, berdiri, bekerja, akibat mengangkat sesuatu, merokok, aktivitas olahraga, kebiasaan makan, minum dan stres.

Selain itu indikasi dari adanya cedera, tegang otot, linu pinggul, gangguan pada tulang belakang dan masih banyak lagi juga bisa pemicu sakit pinggang sebelah kanan.

Obat yang digunakan untuk mengobati sakit pinggang sebelah kanan

Sebagian besar sakit pinggang di bagian-bagian tertentu akan hilang dengan sendirinya, kecuali jika disebabkan oleh infeksi atau adanya masalah pada organ dalam tubuh. Ada baiknya untuk memeriksa keluhan dan rasa sakit Anda ke dokter guna mendapatkan diagnosis yang tepat. Berikut ini, adalah beberapa cara serta penanganan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk meredakan sakit pinggang sebelah kanan di rumah:

1. Kompres es

Ketika Anda merasakan sakit pinggang sebelah kanan, ada baiknya untuk menghentikan dulu aktivitas yang sedang dilakukan. Anda juga bisa membuat kompresan dengan es untuk meringankan pinggang yang terasa nyeri dan tegang.

Tempelkan kompresan dingin hingga 20 menit di bagian pinggang yang terasa sakit guna meredakan pembengkakan. Setelah itu Anda bisa merendam tubuh atau mandi dengan air hangat yang berguna melepas ketegangan urat di pinggang.

2.  Obat pereda nyeri

Obat-obatan NSAID, seperti ibuprofen atau natrium naproksen dapat meredakan nyeri pinggang akut. Beberapa obat-obatan pereda nyeri dapat Anda temukan dengan mudah di toko obat tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan.

Menggunakan obat pereda nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Jika obat pereda nyeri tanpa resep tidak juga menghilangkan rasa sakit Anda, dokter mungkin akan memberikan obat pereda resep dengan dosis yang lebih tinggi.

3. Penghilang rasa sakit topikal

Jika sakit pinggang sebelah kanan Anda tergolong ringan, menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal mungkin bisa membantu. Anda dapat menempelkan koyo atau mengoleskan salep pada daerah yang terasa nyeri.

Obat penghilang rasa sakit jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di warung atau toko obat tanpa menggunakan resep dokter.

Dokter juga mungkin akan meresepkan relaksan otot sebagai obat sakit pinggang sebelah kanan jika kondisi Anda tidak membaik. Relaksan otot biasanya digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk sakit punggung yang berhubungan dengan kejang otot.

Obat ini bekerja terpusat pada ota untuk memberitahu otak Anda agar mengendurkan otot-otot yang kaku. Beberapa obat relaksan otot yang umum termasuk baclofen, cyclobenzaprine (Flexeril ®), carisoprodol (Soma®) dan eperison (Myonal ®).

Sayangnya, obat relaksan otot dapat membuat Anda pusing dan mengantuk. Jadi, pastikan Anda tidak berkendara atau menjalankan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi setelah mengonsumsi obat ini.

4. Suntik kortison

Jika berbagai obat sakit pinggang yang sudah disebutkan di atas tidak juga membuat kondisi Anda membaik, dokter mungkin akan melakukan suntik kortison di sekitar sumsum tulang belakang Anda. Suntik kortison membantu mengurangi peradangan sementara di sekitar akar saraf.

5. Opioid

Opioid penghilang rasa sakit lebih kuat yang umumnya digunakan untuk nyeri yang lebih parah. Obat ini memerlukan resep dari dokter dan pemantauan berkala.

Opoid bekerja dengan menghalangi reseptor rasa sakit di otak. Hal ini juga dapat mempengaruhi detak jantung dan pernafasan. Beberapa contoh opioid antara lain morfin, fentanyl, oksikodon, dan kodein.

Ketergantungan obat dapat berkembang jika Anda mengambil opioid secara teratur selama jangka waktu yang panjang. Oleh sebab itu, bicaralah dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda dapat mencegah hal ini.

Cara alami lainnya untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan

1. Berendam air hangat

Saat Anda berendam air hangat, saraf dan otot yang tegang akan mengendur sehingga membuat Anda jadi lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal.

Untuk obat tradisional sakit pinggang, mandi 2-3 jam sebelum tidur bisa jadi pilihan terbaik. Pertimbangkan menggunakan bantal mandi untuk menyangga punggung dan pinggang Anda saat berendam air hangat.

2. Aktif bergerak

Jika memang memungkinkan, orang dengan sakit pinggang dianjurkan untuk banyak bergerak dibandingkan hanya tidur-tiduran saja. Ya, aktif bergerak sebenarnya obat tradisional sakit pinggang yang paling mudah dilakukan.

Tidak perlu melakukan gerakan yang berat dan ekstrem, cukup jalan kaki santai akan membantu mengurangi sakit pinggang  sebelah kanan yang Anda rasakan. Jika keadaan Anda sudah lebih baik, rutinlah melakukan latihan aerobik, berenang, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki di taman.

Kunci obat sakit pinggang alami pada dasarnya hanya berusaha untuk bergerak setiap hari. Hentikan segara aktivitas yang dapat meningkatkan rasa sakit, namun jangan hindari berbagai aktivitas karena Anda takut sakit.

3. Pakai sepatu hak rendah

Selama sakit pinggang, hindari menggunakan sepatu hak tinggi untuk beraktivitas. Gantilah sepatu hak tinggi Anda dengan sepatu datar atau hak rendah (kurang dari 3 cm).

Ini karena sepatu hak tinggi akan membuat postur tubuh Anda jadi tidak stabil sekaligus meningkatkan tekanan pada pinggang Anda. Itu sebabnya, jangan remehkan cara ini sebagai obat sakit pinggang alami.

4. Jaga posisi tidur yang aman untuk pinggang

Ketika Anda tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan yang selaras. Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Oleh karena itu, penting bagi untuk memerhatikan posisi tidur sebagai obat tradisional sakit pinggang yang tengah Anda alami. Lantas, posisi tidur seperti apa yang baik saat sakit pinggang?

Berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk sakit pinggang. Pasalnya, punggung berada dalam posisi lurus sehingga berat tubuh dapat ditopang dengan baik secara merata. Anda bisa menempatkan bantal kecil di bawah lutut sebagai penopang tambahan sehingga posisi tubuh dari kepala hingga kaki sejajar. Hal ini juga membantu tubuh untuk menjaga lekukan alami tulang belakang.

Selain itu, Anda bisa menggunakan posisi tidur menyamping dengan bantal atau guling diselipkan di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik. Jika Anda terbiasa tidur dengan memeluk guling atau bantal, Anda bisa tetap menggunakannya untuk membantu tidur lebih nyenyak dan menjaga punggung tetap sejajar.

Makanan yang harus dimakan saat sakit pinggang mendera

Untuk memulihkan sakit pinggang dengan cepat, Anda butuh asupan nutrisi yang tepat. Sumber nutrisinya pun harus Anda pilih dengan bijak. Nah, berikut adalah daftar makanan yang bisa jadi obat sakit pinggang alami.

1. Makanan tinggi protein

Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan yang tinggi akan protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda, sehingga sangat cocok dijadikan obat sakit pinggang herbal.

Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi sebagai obat sakit pinggang herbal.

2. Buah dan sayur

Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, jangan yang pucat. Pasalnya, buah dan sayur yang kaya akan warna lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang. Jadi Anda bisa mengonsumsi wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka sebagai obat tradisional sakit pinggang.

Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang. Pilihannya buah dan sayur untuk obat sakit pinggang herbal lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.

3. Makanan tinggi kalium

Kalium berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan, misalnya pada bagian otot-otot pinggang. Makanan tinggi kalium yang bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit pinggang alami di antaranya adalah pisang, tomat, kentang, dan yogurt.

4. Makanan tinggi asam lemak omega-3

Sejumlah penelitian telah membuktikan kalau asam lemak omega-3 manjur untuk mengobati peradangan otot. Ini karena asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Maka, untuk meradakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 Anda sehari-hari. Untuk obat sakit pinggang alami, Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai. (sbc-02/hel)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: