Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bupati: Pemkab Batubara Tingkatkan Kesejahteraan Petani
Search
Selasa 22 Oktober 2019
  • :
  • :

Bupati: Pemkab Batubara Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Starberita – Batubara, Bupati Batubara, Zahir MAP, Selasa (19/2/2019), mengatakan, pembangunan di kabupaten tersebut mengarah pada peningkatan kesejahteraan petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam memfasilitasi kebutuhan petani dalam melaksanakan usaha taninya.

“Pertanian adalah salah satu forgam yang menjadi fokus kita. Mengingat daerah ini sangat potensial dalam pengembangan pertanian, selain dari laut,” kata Zahir di Limapuluh.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani adalah melalui diseminasi teknologi pertanian tepat guna , sehingga produktivitas lahan meningkat serta mampu meningkatkan daya beli rumah tangga petani .

Pemkab Batubara melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan secara bersama –sama berupaya meningkatkan produktivitas dan produksi padi sawah yang secara bertahap diharapkan dapat menekan biaya produksi petani melalui teknologi pemupukan secara berimbang dan efisisien.

“Kami senantiasa akan memberikan pengawalan kepada seluruh petani dalam menjalankan usaha taninya melalui seluruh dinas atau instansi terkait , termasuk melibatkan dukungan pengeloalan revitalisasi kios-kios pupuk,” katanya.

Sedangkan dalam penyelenggaraan penyuluhan, para penyuluh akan terus dibina untuk terus mendampingi petani dan kelompok tani, memberikan masukan teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan produktivitas lahan, mampu menekan biaya produksi.

“Penyuluh pertanian terus kita tingkatkan kompetensinya, karena memang kahadiran mereka sangat penting dalam upaya mendorong petani untuk terus meningkatkan produksi hasil pertaniannya,” katanya. (sbc-03/ant)




Tinggalkan Balasan

error: