Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Tak Disadari, 4 Jenis Makanan Ini Bikin Berat Badan Melonjak Drastis
Search
Senin 26 Agustus 2019
  • :
  • :

Tak Disadari, 4 Jenis Makanan Ini Bikin Berat Badan Melonjak Drastis

Starberita – Jakarta, Sudah mengatur pola makan sedemikian rupa, tapi berat badan tak juga turun? Bisa jadi selama ini Anda salah pilih jenis makanan. Ya, ada beberapa makanan yang rasanya lezat, tapi ternyata diam-diam bikin berat badan cepat naik. Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda masih menyantap salah satu jenis makanan berikut ini?

Makanan yang bikin berat badan cepat naik

Alih-alih bikin badan jadi sehat, jenis makanan berikut ini justru menyebabkan berat badan cepat naik. Di antaranya:

1. Makanan yang mengandung pati (tepung)

Makanan yang mengandung pati (tepung), seperti nasi putih, roti putih, pasta, atau biskuit, mengandung rendah serat yang dapat menghambat proses pencernaan makanan. Hal ini menyebabkan gula darah dan kadar insulin dalam tubuh jadi meningkat.

Hormon insulin berfungsi untuk memindahkan glukosa dalam darah menuju sel-sel lemak tubuh. Nantinya, sel-sel lemak ini akan mengubah glukosa tadi menjadi energi.

Jika kadar insulinnya meningkat, ditambah lagi dengan asupan karbohidrat yang terlalu banyak, sel-sel lemak akan kesulitan membakar glukosa menjadi energi. Alhasil, lemak dalam tubuh malah makin menumpuk dan menyebabkan berat badan naik.

2. Makanan dan minuman manis

Bagi Anda penikmat makanan manis seperti kue, es krim, soda, atau permen, sebaiknya coba kurangi porsinya. Jenis makanan yang satu ini bisa jadi penyebab berat badan naik, lho!

Menurut Harvard School of Public Health, sebanyak 600 ml atau 1,5 gelas soda mengandung 15-18 sendok teh gula dan 240 kalori. Padahal, batas asupan gula dalam sehari yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh.

Semakin banyak asupan gula, kadar glukosa darah jadi meningkat dan sulit diubah menjadi energi. Maka jangan heran jika nantinya jumlah lemak dalam tubuh jadi bertambah dan berat badan terus naik.

3. Daging merah dan olahannya

Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2010 mengungkapkan bahwa makan daging merah dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan berat badan, baik pada orang yang berat badannya normal maupun lebih.

Tak hanya itu, daging merah dan olahannya, misalnya sosis, juga mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Mulai dari kolesterol tinggi, hipertensi, hingga penyakit jantung.

4. Kentang goreng

Kentang goreng sering digunakan sebagai camilan andalan saat menonton TV. Namun sayangnya, makanan asin gurih yang bikin ketagihan ini juga bisa menyebabkan berat badan cepat naik.

Pasalnya, setiap 100 gram kentang goreng mengandung 312 kalori yang setara dengan satu porsi sarapan. Terbayang, kan, berapa banyak porsi “sarapan” yang Anda makan setiap kali ngemil kentang goreng? (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: