Search
Minggu 17 Februari 2019
  • :
  • :

Ini 5 Makanan Penyebab Gigi Mudah Rusak

Starberita – Jakarta, Menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Disamping itu, Anda juga wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Ya, karena beberapa makanan yang sering hadir dalam sajian sehari-hari berpotensi menyebabkan kerusakan gigi dan mulut. Beberapa makanan (dan minuman) yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Makanan mengandung gula

Selain dapat mengganggu kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi juga dapat merusak kesehatan gigi Anda. Hal itu karena kandungan gula yang ada di dalamnya akan mengikat gusi dan memproduksi asam.

Apabila asam bercampur dengan air liur, maka pembentukan plak tidak bisa dihindari lagi. Jika plak tersebut terus muncul atau tidak dibersihkan dengan saksama, maka lapisan gigi akan mengalami kerusakan. Salah satu keluhan yang paling kentara adalah gigi berlubang.

2. Es batu

Mengunyah es batu memberikan kenikmatan tersendiri, karena mampu menghasilkan sensasi dingin di dalam mulut. Namun, meski kandungan yang ada di dalamnya hanya air, mengunyah es batu ternyata akan berdampak buruk pada kesehatan gigi Anda.

Menurut American Dental Association, mengunyah zat keras seperti es batu dapat merusak lapisan enamel gigi, sehingga gigi menjadi sensitif dan berakibat retak atau patah.

3. Makanan bersifat asam

Beberapa buah-buahan, seperti jeruk, anggur, dan lemon memang enak untuk disantap. Selain itu, buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin C yang berguna untuk tubuh.

Sayang, di balik manfaat yang ditawarkan, rasa asam yang terdapat pada buah-buahan tersebut ternyata dapat melemahkan lapisan enamel gigi. Keadaan ini akan memengaruhi sensitivitas dan menyebabkan perubahan pada warna gigi.

Tak hanya itu, asam dari buah sitrus seperti jeruk juga bisa memperparah luka yang ada di mulut. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi buah-buahan tersebut, makan atau minumlah air putih dalam porsi sedang saat makan.

4. Keripik

Keripik kentang bukanlah makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Makanan jenis ini memiliki kecenderungan untuk mudah terjebak di sela-sela gigi dan gusi.

Kandungan pati yang ada di dalam keripik juga bisa berubah menjadi gula saat terurai di mulut Anda sebagai makanan untuk kuman. Selain itu, mengonsumsi keripik yang keras juga dapat membuat gigi retak bahkan patah, khususnya jika tidak dilakukan secara hati-hati

5. Minuman berkarbonasi

Minuman bersoda alias minuman berkabonasi ternyata berbahaya bagi kesehatan gigi, termasuk yang memiliki label “diet soda”. Kandungan asam, gula, dan karbonasi yang terdapat dalam minuman tersebut dapat mempercepat pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi.

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa mempercepat terjadinya proses pengikisan lapisan enamel gigi yang merupakan lapisan luar pelindung gigi. Lapisan enamel gigi yang terkikis dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif dan mudah berlubang.

Mana makanan atau minuman di atas yang sebelumnya sering Anda konsumsi? Mulai saat ini sebaiknya batasi, agar kesehatan gigi dan rongga mulut Anda senantiasa terjaga. Jika benar-benar ingin mengonsumsi jenis makanan atau minuman tersebut, jangan lupa bilas mulut Anda dengan air atau susu agar dapat membantu menetralkan zat asam. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, ya! (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: