Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Waspadai Gejala Kanker di Kuku
Search
Minggu 20 Oktober 2019
  • :
  • :

Waspadai Gejala Kanker di Kuku

Starberita – Jakarta, Tanggal 4 Pebruari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang masih mengabaikan gejala-gejala sederhana kanker.

Beberapa gejala paling sederhana dari kanker adalah terjadi pada kulit, tahi lalat, dan lesi kulit atau jaringan kulit yang tumbuh abnormal. Tidak hanya itu, kuku juga bisa jadi pertanda adanya kanker. Garis gelap sederhana pada kuku bisa menjadi tanda melanoma.

Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang di dalam dan sekitar sel-sel kulit yang disebut melanosit, sel pigmen yang ada di kulit yang menghasilkan melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

Umumnya, tanda dari melanoma kulit adalah tahi lalat, tetapi tahukah Anda bahwa kuku dapat memberi tahu banyak tentang kesehatan Anda? Kesehatan kuku Anda merupakan indikasi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kuku kuning atau pucat bisa menjadi indikasi defisiensi yodium, sedangkan kuku mini bisa menjadi tanda kadar kalsium. Jika Anda memiliki garis gelap di permukaan kuku Anda atau memiliki noda hitam pada kuku Anda, itu bisa menjadi tanda awal melanoma. Tambalannya sering kali cukup gelap, sehingga sulit disembunyikan.

Melanoma subungual, atau melanoma kuku adalah jenis kanker yang jarang namun berisiko yang menyerang 1-3% populasi dunia. Mereka paling sering terjadi pada orang yang berusia antara 40 dan 70 tahun. Ini bisa terjadi pada kuku jari tangan maupun kuku jari kaki.

Kadang-kadang, tambalan yang gelap juga bisa melampaui kuku ke kulit dan juga meluas ke warna berpigmen gelap seperti coklat dan biru. Ini juga merupakan karakteristik umum yang terjadi ketika tumor tumbuh dan kanker menyebar.

Mereka sering salah didiagnosis sebagai infeksi jamur karena perubahan karakteristik mereka dalam warna dan tekstur kuku. Ketika melanoma terus tumbuh, itu juga dapat menyebabkan perdarahan atau kelainan pada kuku itu sendiri.

Untuk perawatannya, tergantung pada ukuran dan kedalaman melanoma subungual, pengujian lebih lanjut akan diperlukan untuk menentukan stadium penyakit. Seperti halnya bentuk kanker lainnya, stadiumnya dapat bervariasi dari karsinoma in situ (pra-kanker) hingga stadium 4 penyakit metastasis dimana kanker telah menyebar ke organ lain. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: