Search
Selasa 18 Juni 2019
  • :
  • :

Pemkab Asahan Raih Penghargaan Atas Akuntabilitas Kinerja dari Menpan RB

Starberita – Kisaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan raih penghargaan dengan predikat ‘B’ atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Penghargaan diserahkan langsung Menpan RB, Syarifuddin diterima Bupati Asahan diwakili Sekdakab Asahan Taufik Zainal Abidin, di Bandung pada Senin (21/1/2019) lalu.

Dari laman tersebut Kadis Kominfo Asahan Rahmad Hidayat mengatakan, SAKIP adalah katalisator terciptanya efisiensi melalui penguatan implementasi manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja.

“Menetapkan sasaran strategis dan disertai dengan Ukuran Keberhasilan dan target merupakan tahapan menjawab keberhasilan atau kegagalan pencapaian sasaran,” ujar Rahmad, belum lama ini.

Selanjutnya mantan Camat Kisaran Timur Rahmad Hidayat menyebutkan, untuk mendorong percepatan pelaksanaan akuntabilitas kinerja deputi reformasi birokrasi mengarahkan, akuntabilitas aparatur dan pengawasan agar melakukan bimbingan teknis dan asistensi pada setiap kementrian/lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Setelah dilaksanakan bimbingan teknis dan asistensi, menpan RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP tersebut, terang Rahmad.

Nasir Tarigan (75) mengapresiasi kinerja Bupati Asahan beserta para stafnya sehingga raih penghargaan dengan predikat ‘B’ atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018. Namun perlu diketahui bahwa penghargaan yang diraih tersebut adalah hasil kerjasama dari seluruh pihak baik pemerintah maupun masyarakat yang ikut merumuskan berbagai kebijakan di Kab. Asahan.

Pengimplementasian SAKIP harus menyertakan stakeholder dalam setiap pengambilan keputusan pada setiap OPD “Jadi kuncinya ada keterlibatan seluruh pihak dalam perumusan kebijakan,” jelas mantan anggota DPRD Asahan tahun 90 an tersebut. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: