Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Pemkab Karo Didesak Revitalisasi Drainase Jalan kota Kabanjahe
Search
Selasa 17 September 2019
  • :
  • :

Pemkab Karo Didesak Revitalisasi Drainase Jalan kota Kabanjahe

Starberita – Kabanjahe, Anggota DPRD Karo dari Fraksi Golkar, Frans Dante Ginting menilai, revitalisasi drainase/parit jalan dan trotoar kota Kabanjahe sangat urgen dilakukan. Mengingat setahun terakhir ini setiap hujan turun, drainase dijalan-jalan protokol meluap memenuhi badan jalan bagaikan sungai, karena saluran parit tidak maksimal berfungsi dipenuhi berbagai jenis sampah.

Menurut Frans Dante Ginting, sejumlah titik infrastruktur drainase jalan di ibukota Kabupaten itu yang selalu menjadi titik rawan banjir, yaitu Jalan Letjen Jamin Ginting (Simpang tiga galon/Masjid Agung dan KM 60 depan Hotel Suit Pakar), Jalan Veteran, Jalan Mariam Ginting menuju Simpang Enam, Jalan Rakoetta Brahmana/Jalan Kota Cane, Jalan Kapten Pala Bangun (persimpangan Centrum PPWG GBKP) yang pernah menelan korban jiwa terbawa arus luapan banjir akibat drainase tidak maksimal berfungsi.

“Masyarakat Karo, khususnya masyarakat Kabanjahe sudah merindukan ibukota Kabupaten Karo kembali tertata rapi, bersih dan indah serta meraih kembali penghargaan piala Adipura yang pernah diraih pada tahun 80-an lalu semasa Bupati Karo Alm Rupai Peranginangin dilanjutkan Drs DD Sinulingga,” ujarnya.

Dia mendorong sudah aaatnya sekarang Pemkab Karo berbenah, lintas instansi se-jajaran Pemkab Karo, mulai dari lurah, camat dan dinas terkait saling bersinergy dan berkolaborasi didukung peran serta masyarakat, menjaga dan memelihara kebersihan kota.

“Perlu kita sadari bersih itu adalah sehat, bersih itu wibawa, bersih itu gambaran keberhasilan dan kesuksesan dan bersih itu bagian dari iman,” lontar Frans Dante Ginting.

Terpisah Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat meninjau gorong-gorong yang tidak berfungsi dan tanah amblas di gang HKI ujung, Kelurahan Lau Cimba Kabanjahe mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan titik-titik drainase yang perlu direvitalisasi.

“Drainase/parit jalan sangat penting direvitalisasi, akibat tidak maksimalnya parit jalan berfungsi sebagai saluran limbah, menyebabkan limbah selalu meluap menggenangi badan jalan di saat hujan deras turun. Karena itu kita sudah menghinstruksikan kepada Camat Kabanjahe, supaya berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengidentifikasi serta memetakan drainase jalan yang akan direvitalisasi.Direncanakan PAPBD Karo tahun 2019 ini akan dianggarkan dana pembangunannya,” tegas Bupati Karo. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: