Search
Jumat 3 Juli 2020
  • :
  • :

Warga Helvetia Tengah Minta Sungai Bedera Dilebarkan

Starberita – Medan, Warga Lingkungan 5, Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia meminta Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk segera mengentaskan masalah banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut jika hujan turun.

“Warga di kelurahan ini sudah cukup sabar dalam menghadapi masalah banjir yang kerap terjadi ketika hujan turun. Selain masalah drainase yang tidak lancar akibat banyaknya sampah, penyebab utamanya juga adalah luapan air Sungai Bedera yang mengarah ke kelurahan yang diakibatkan semakin mengecilnya badan sungai dan hingga saat ini belum ada juga pelebaran,” kata salah seorang tokoh masyarakat Ferry Laoly saat acara reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi  Sumatera Utara, Salomo Pardede, di Lingkungan 5 Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (22/1/2019).

Hadir dalam reses tersebut beberapa kepala lingkungan yang di Kelurahan Helvetia Tengah dan, mewakili lurah dan Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Medan Helvetia, Untuk Suropati dan perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Andre Ronaldo Pasaribu.

Ferry menjelaskan, bahwa masyarakat di Kelurahan Helvetia Tengah ini telah berulang kali meminta kepada pemerintah baik Kota Medan maupun Provsu untuk segera melakukan pelebaran badan Sungai Bedera agar dapat menampung debit air jika hujan turun, sehingga airnya tidak meluap kepermukiman warga.

“Sebagai warga, kami juga meminta Bapak Salomo Pardede bisa menyampaikan aspirasi ini kepada pihak terkait sekaligus mendesak agar segera dilakukan pengerjaan. Sehingga masyarakat Kelurahan Helvetia Tengah tidak lagi terkena dampak banjir dari luapa Sungai Bedera,” tegasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Medan Helvetia, Untung Suropati Manurung bahwa apa yang dikeluhkan warga tentang penyemepitan Sungai Bedera merupakan permasalahan yang sudah lama.

“Memang saat ini warga Kelurahan Helvetia Tengah selalu saja kebanjiran jika hujan turun yang disebabkan luapa air Sungai Bedera yang saat ini sudah menyempit dan belum ada dilakukan pelebaran. Untuk itu kita harapkan Bapak Salomo agar mendesak instansi terkait untuk segera melakukan pengerjaan,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Sumut, Salomo Pardede mengatakan dirinya akan menyampaikan hal ini kepada Pemerintah Provinsi Sumut dan BWS untuk segera melakukan pelebaran Sungai Bedera agar warga tidak lagi kebanjiran,” pungkasnya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: