Search
Sabtu 6 Juni 2020
  • :
  • :

Enam Bulan Menjabat, Gubsu akan Evaluasi OPD Pemprovsu

Starberita – Medan, Enam bulan pasca menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara tepatnya pada bulan Maret 2019, Edy Rahmayadi pun akan melakukan evaluasi terhadap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Pemprovsu.

Untuk itu, dirinya pun akan segera melakukan lelang jabatan pimpinan OPD, khususnya bagi pimpinan OPD Pemprovsu yang lowong karena memasuki masa pensiun.

“Pastilah, itu akan saya lakukan. Kenapa Mendagri memberi waktu enam bulan kepada Gubernur untuk mengganti pimpinan OPD, itu karena agar gubernur itu bisa mengetahui secara pasti siapa-siapa saja yang bisa bekerja ataupun gak,” kata Edy di Medan, kemarin.

Lebih jauh diakuinya, dalam lima bulan sejak dirinya menjabat sebagai Gubsu, Edy terus mengamati dan memantau kinerja dari para perangkat daerahnya. Termasuk pejabat eselon II yang ada dilingkungan Pemprovsu.

“Kalau saya lihat, dia (Pejabat Eselon II) itu gak bisa kerja, tentu akan saya ganti. Kenapa? karena saya mencari orang yang bisa bekerja. Jadi selama enam bulan ini saya akan melihat siapa-siapa orangnya, bukan karena ‘like or dislike’ (suka atau tidak suka). Saya pastikan itu,” sebutnya.

Edy pun menjelaskan ada dua indikator penilaian yang menurutnya cukup dalam melihat kinerja seseorang. Pertama adalah keahlian (skill), dan yang kedua ialah tentang bisa diajak bekerjasama.

“Alasannya, dia punya skill tapi tidak bisa kerjasama, itu tak bisa. begitu pun sebaliknya, bisa kerjasama tapi tidak ada skill, itu juga tak bisa. Jadi dua hal itu kita perlukan untuk bisa memajukan Sumut ini,” jelas Edy.

Proses assestment bagi pejabat eselon II, III, dan IV dilingkungan Pemprovsu masih terus dilakukan hingga saat ini. Sebab, diakuinya, ia belum puas dengan hasil pencapaian assestment yang sudah dilakukan secara internal.

“Akan diulang lagi, karena hasilnya belum memuaskan. Meski sudah ada yang melapor ke saya bahwa ada yang mendapat nilai Sembilan, tapi persoalannya masih banyak juga yang belum mendaftar. Makanya itu saya suruh ulang lagi,” ungkapnya.

Ditanya padanya kapan kira-kira dirinya akan melakukan mutasi jabatan pimpinan OPD di lingkungan Pemprovsu, Edy pun meminta agar para wartawan dapat bersabar menunggu waktunya.

“Saat inikan belum enam bulan. Jadi tunggu sajalah dulu. Sebab raport itu enam bulan,” tandas Edy. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: