Search
Selasa 22 Januari 2019
  • :
  • :

Keberadaan Pedagang Makanan & Minuman di Lantai III Pusat Pasar Dikeluhkan

Starberita – Medan, Puluhan pedagang yang berada di lantai II Pusat Pasar Medan meminta Direktur PD Pasar untuk segera merelokasi pedagang makanan dan minuman yang ada di lantai III. Pasalnya, pedagang yang berada di Lantai II selalu terkena limbah sisa pencucian air mengenai dagangan bahkan menjadi rusak dan tidak dapat dijual kepada konsumen.

“Akibat kebocoran-kebocoran yang ada saat ini, lantai menjadi becek dan tergenang serta berbau. Sering ada pedagang maupun  konsumen sering jatuh terpleset di area depan maupun di dalam kios yang kami tempati,” keluh salah seorang pedagang, Darwin, kepada anggota Komisi C DPRD Kota Medan, Jangga Siregar, ketika meninjau langsung keberadaan pedagang di Pusat Pasar, Jumat (11/1/2019).

Pedagang lain, Syaiful, juga mengkhawatirkan terjadinya kebakaran di pasar, bilamana terjadi korsleting atau arus pendek. Apalagi, sebutnya, di area kebocoran oleh air limbah dari makanan dan minuman di lantai III itu terdapat banyak kabel yang dikhawatirkan bisa menjadi pemicu terjadi kebakaran di Pusat Pasar Medan.

“Beberapa waktu lalu, pernah kabel-kabel di lantai II ini mengeluarkan api akibat tetesan-tetesan air limbah sisa cucian dari lantai III. Itu membuat kami panik pak,” katanya kepada Jangga Siregar.

Pedagang lainnya, Netty, juga mengkhawatirkan bilamana kebocoran-kebocoran air limbah dari pedagang di lantai III itu membuat bangunan di pusat pasar Medan rapuh dan runtuh. “Tolonglah pak, kami udah capek ngeluhkan hal ini kepada PD Pasar agar pedagang di lantai III itu bisa direlokasi segera,” harapnya.

Menyahuti keluhan pedagang itu, Jangga Siregar, berjanji kepada pedagang untuk mencari win-win solusi keberadaan pedagang makanan yang ada di lantai III Pusat Pasar Medan.

Untuk itu, kata Jangga, pihaknya akan memanggil perwakilan pedagang di lantai II, lantai III dan PD Pasar untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP).

“Prinsipnya kita anggota dewan itu mendengar keluhan masyarakat. Agar tahu duduk permasalahan dan solusinya, kita perlu duduk bersama,” pungkasnya.

Sementara Kepala Pasar Pusat Pasar Medan, Idham Siregar, menyebutkan kalau keluhan pedagang di lantai II memang terkait air limbah sisa pencucian pedagang makanan dan minuman di lantai III.

Diakuinya,bahwa beberapa waktu lalu sebanyak 23 pedagang yang terkena imbas bocoran air limbah itu membuat surat keluhan kepada pihaknya. “Ada 23 pedagang yang berjualan di lantai II telah menandatangani surat keberatan ke kami,” ujarnya.

Terkait keluhan pedagang mengenai limbah air sisa pencucian pedagang di lantai III, Siregar menyebutkan bahwa pihaknya telah beberapa kali melakukan perbaikan.

“Namun,tetap saja rembesan dan kebocoran air itu kerap terjadi karena pipa aliran air limbah itu banyak yang rusak,” pungkasnya. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: