Search
Selasa 18 Juni 2019
  • :
  • :

HUT Kota Tanjungbalai ke-398 Diawali Sidang Paripurna Istimewa

Starberita – Tanjungbalai, DPRD Tanjungbalai gelar rapat sidang paripurna istimewa agenda Peringatan Hari Jadi Kota Tanjungbalai ke-398 tahun 2018, di ruang rapat gedung DPRD Tanjungbalai, kemarin.

Rapat dibuka secara resmi Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai Leiden Butar-butar dan Rusnaldi Darma, dihadiri Wali kota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH, Sultan Asahan XII Tengku Kamal Abraham, beserta Forkopimda Tanjungbalai, Anggota DPRD Tanjungbalai dan undangan dari berbagai kalangan.

Ketua Dewan Kesenian Tanjungbalai, Khawalid Mingka didaulat membacakan sejarah singkat Kota Tanjungbalai yang pada tanggal 27 Desember 2018 berusia genap 398 tahun.

Berdasarkan catatan, sejarah Kerajaan Kesultanan Asahan dimulai dengan penobatan raja pertama kerajaan tersebut bernama Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah yang berlangsung meriah di sekitar Kampung Tanjung.

Peristiwa penabalan raja pertama Kerajaan Asahan tersebut terjadi tepatnya pada 27 Desember 1620, sehingga tanggal itu ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Tanjungbalai, berdasarkan dengan surat keputusan DPRD Kota Tanjungbalai Nomor 4/DPRD/TB/1986.

Wali Kota Syahrial mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Tanjungbalai, jajaran pemerintahan serta semua pihak yang telah banyak berkontribusi dalam membangun kota Tanjungbalai.

“Dengan momentum peringatan hari jadi Kota Tanjungbalai, diharapkan terciptanya suasana yang kondusif, sehingga pembangunan di kota Tanjungbalai dapat terlaksana sesuai dengan rencana yang diharapkan. Mari bersama-sama kita berikan yang terbaik untuk kemajuan kota Tanjung Balai,” ujar Syahrial.

Usai Rapat Paripurna Istimewa Wali kota HM Syahrial, Forkopimda Tanjungbalai, Kesultanan Asahan beserta masyarakat dan peserta Pawai Budaya mengikuti acara mengarak Balai Besar dari Kantor DPRD menuju Balai di Ujung Tanjung di Water Front City, Jalan Asahan. (sbc-05//drh)




Tinggalkan Balasan

error: