Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bahaya, Minuman Ini Beresiko Tinggi Sebabkan Diabetes!
Search
Sabtu 19 Oktober 2019
  • :
  • :

Bahaya, Minuman Ini Beresiko Tinggi Sebabkan Diabetes!

Starberita – Jakarta, Meskipun bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan, dalam realitanya diabetes lebih sering terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Sebagai contoh, jika kita terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalori atau gula, maka risiko untuk terkena penyakit ini pun meningkat. Hanya saja, sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya oleh New York Post menghasilkan fakta bahwa ada satu minuman yang bisa membaut risiko diabetes meningkat paling tinggi. Minuman apakah yang bisa memberikan dampak ini?

Minuman penyebab diabetes

Minuman yang bisa meningkatkan risiko diabetes paling cepat ternyata adalah minuman bersoda. Minuman dengan rasa manis dan menyegarkan ini disukai oleh banyak orang karena bisa menghilangkan dahaga dan cocok untuk dikonsumsi saat cuaca sedang sangata panas dan menyengat. Sayangnya, di dalam minuman ini terdapat kandungan gula yang sangat tinggi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi gula dengan berlebihan bisa menyebabkan datangnya diabetes.

Fakta tentang minuman bersoda ini diungkap dalam penelitian yang dilakukan di St. Michael Hospital, Toronto, Kanada. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa minuman bersoda mampu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 paling cepat dibandingkan dengan minuman atau makanan lain yang juga memiliki kandungan gula.

Sebenarnya, makanan-makanan yang dianggap sehat seperti buah-buahan, sayur, atau madu juga memiliki kandungan gula alami yang lebih dikenal sebagai fruktosa. Hanya saja, kandungan fruktosa alami ini dianggap lebih aman dan tidak akan memberikan dampak buruk bagi kondisi gula darah. Hal yang berbeda terjadi jika kita mengonsumsi minuman bersoda. Kandungan pemanis buatan di dalamnya sangtlah tinggi sehingga jika dikonsumsi terlalu sering atau dalam porsi yang besar, maka kadar gula darah bisa melonjak tajam dan akhirnya memicu datangnya diabetes.

Dalam penelitian ini, 155 orang yang mengidap diabetes dan tidak menderita penyakit ini diminta untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan fruktosa. Mereka kemudian diminta untuk melakukan tes gula darah. Penelitian dilakukan selama 12 minggu.

Menurut para peneliti, mengonsumsi buah atau jus buah bisa memberikan efek positif bagi kadar gula darah dan mampu membantu mengendalikan produksi insulin pada orang yang menderita diabetes. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu mengelola asupan kalori harian. Sesuatu yang harus dilakukan oleh penderita diabetes demi mencegah datangnya komplikasi.

Minuman sehat bagi penderita diabetes

Penderita sebaiknya tidak mengonsumsi minuman bersoda dan minuman manis demi menjaga kesehatan. Hanya saja, bukan berarti mereka tidak bisa menikmati minuman lezat. Pakar kesehatan meyebut ada beberapa minuman dengan rasa yang nikmat namun aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Berikut adalah beberapa jenis minuman tersebut.

1.    Susu cokelat

Susu cokelat yang rendah lemak dan gula memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Minuman ini dianggap sangat cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Penderita diabetes juga diperbolehkan untuk meminumnya. Hanya saja, mereka sebaiknya berhati-hati saat memilih susu cokelat karena kebanyakan susu cokelat di pasaran tinggi kandungan gula.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membuatnya sendiri, yakni dengan mencampur susu dengan tiga sendok teh cocoa powder. Jika ingin memiliki rasa manis namun aman bagi gula darah, kita juga bisa menambahkan pemanis bebas kalori.

2.    Lemonade

Lemonade atau air perasan lemon aman bagi penderita diabetes karena rendah kalori namun kaya akan vitamin yang menyehatkan tubuh.

3.    Smoothie buah

Smoothie buah memiliki rasa yang mengegarkan dan enak. Sebaiknya kita membuat smoothie buah sendiri karena kebanyakan smoothie buah yang dijual di pasaran memiliki kandungan gula cukup tinggi. (sbc-02/dsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: