Search
Sabtu 11 Juli 2020
  • :
  • :

Benarkah Daun Selasih Efektif Mengobati Asma?

Starberita – Jakarta, Beberapa tanaman herbal dipercaya mampu mengatasi gejala asma yang kambuh. Daun basil adalah salah satunya. Apa kata dunia medis seputar manfaat daun basil untuk mengobati asma?

Sekilas tentang asma

Asma adalah gangguan pernapasan kronis yang disebabkan oleh peradangan. Peradangan membuat saluran pernapasan Anda membengkak dan mengalami penyempitan. Peradangan ini juga membuat sel paru-paru menghasilkan lendir yang cukup banyak dibandingkan biasanya. Akibatnya, asma menyebabkan Anda sulit bernapas (sesak) dan batuk-batuk karena berkurangnya udara yang masuk ke paru-paru.

Ada banyak jenis asma, tapi secara umum terdapat lima jenis asma yang umum:

  • Exercise-induced asthma (asma karena olahraga)
  • Asma nocturnal (asma di malam hari)
  • Occupational asthma (asma karena pekerjaan)
  • Cough-variant asthma
  • Asma akibat alergi

Asma tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya bisa dikendalikan dengan obat-obatan. Bagaimana dengan obat herbal, misalnya dengan daun basil?

Menguak manfaat daun basil sebagai obat asma alami

Daun basil adalah tanaman rempah penyegar (tonikum) yang masih satu keluarga dengan daun kemangi dan daun mint. Daun basil punya nama lokal yang mungkin lebih akrab di telinga Anda, yaitu daun selasih.

Daun basil ditemukan mengandung sifat antiperadangan, antipenuaan dan antibakteri. Penelitian menunjukkan bahwa daun basil adalah rempah yang memiliki beragaam potensi untuk kesehatan. Salah satu studi menunjukkan bahwa daun basil mengandung segudang antioksidan seperti fenolik dan  polifenol, yang termasuk flavonoid dan antosianin.

Menurut penelitian yang dilakukan di Swiss Federal Institute of Technology, daun selasih mengandung (E) -beta-caryophyllene (BCP) yang mungkin berguna dalam pengobatan penyakit arthritis dan radang usus.

Daun basil memiliki kandungan antiperadangan yang sama seperti jahe, yang dipercaya dapat mengurangi gejala asma. Kandungan antiperadangan, antioksidan dan antibiotik alami pada jahe mampu membantu tubuh dalam melawan infeksi yang bermanfaat bagi orang dengan masalah paru-paru dan pernapasan. Sehingga dengan kandungan dan sifat yang sama, Anda dipercaya bisa mendapatkan manfaat peredaan gejala asma dari daun basil.

Manfaatnya belum dapat dipastikan secara medis

Sayangnya, belum ada penelitian khusus yang memfokuskan manfaat daun basil untuk pengobatan asma.

Namun di antara keragaman varietas daun basil, terdapat salah satu varietas yang diyakini memiliki manfaat lebih untuk mengobati masalah pernapasan, yaitu holy basil atau dalam bahasa Hindi disebut Tulsi.

Minyak esensial dan fitonutrien khusus yang terkandung di dalam daun holy basil dilaporkan dapat membantu melonggarkan penyumbatan dan mengurangi gejala asma. Namun lagi-lagi, hal ini belum bisa dibuktikan kuat secara ilmiah.

Jangan sembarangan pakai obat herbal untuk mengatasi asma

Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan obat-obatan herbal karena ingin menghindari risiko ketergantungan dan efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat medis.

Meski begitu, pemakaian obat-obatan herbal, termasuk daun basil untuk mengobati asma, tetap perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah pilihan obat herbal anda Aman digunakan bersama obat asma generik yang diresepkan dokter (tidak ada potensi interaksi obat yang berbahaya), dan sekaligus memastikan apakah Anda memiliki alergi terhadap daun basil yang malah bisa memicu gejala asma Anda kambuh. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: