Search
Jumat 3 April 2020
  • :
  • :

Penderita Diabetes Mudah Lelah? Lakukan Tips Ini!

Starberita – Jakarta, Diabetes adalah penyakit kronis yang harus dikelola seumur hidup. Salah satu keluhan penderita diabetes adalah kerap mengalami kelelahan atau penurunan stamina. Resistensi insulin menyebabkan gula darah meningkat menjadi pemicu berbagai masalah. Salah satunya dehidrasi. Kelelahan pada penderita diabetes juga bisa dipicu karena komplikasi atau depresi.

Bagaimana menjaga stamina agar tetap bugar dan sehat untuk penderita diabetes?

1.Tidur teratur dan usahakan tidur siang

Tidur cukup sangat penting untuk semua orang, tetapi banyak yang mengabaikannya. Tidur 8-10 jam dalam sehari itu normal bahkan dianjurkan. tetapi bagi yang sibuk, bisa tidur 7 jam dalam semalam saja sudah sangat beruntung. Tak hanya tidur di malam hari. Tidur siang juga dianjurkan untuk penderita diabetes. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur pukul 1 atau 3 siang, cukup selama 1 jam.

  1. Kendalikan gula darah lebih baik

Gula darah yang terkontrol akan menyebabkan semua metabolisme lancar termasuk semua msalah kesehatan yang ditimbulkan diabetes. Lakukan segala cara agar gula darah Kamu normal, yaitu dengan diet sehat, olahraga, dan minum obat teratur.

  1. Lakukan tes untuk kemungkinan gangguan kesehatan

Jika kelelahan yang dirasakan tidak berkurang meskipun sudah istirahat dan cek gula darah normal, sebaiknya Kamu mendatangai dokter untuk tes kesehatan lain. Anemia dan gangguan pada hormon tiroid bisa menyebabkan kelelahan yang ekstrem.

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Minum air putih minimal 8 gelas sehari, bagi yang kondisi ginjlanya sehat, adalah keharusan. Jika kurang suka air putih, Kamu bisa membuat jus buah dan sayuran yang diminum setiap pagi hari.

  1. Berolahraga di luar rumah

Matahari terbit setiap hari adalah pertanda kita untuk bangun. Meski lelah usahakan menikmati udar apagi hari dengan joging atau berjalan kaki. Selian membantu menurunkan gula darah, olahraga juga baik untuk kesehatan mental.

  1. Jika perlu minum suplemen 

Ada beberapa suplemen yang memang bermanfaat meningkatkan stamina. Misalnya ginseng, vitamin B12, magnesium, alpha-lipoic acid, acetyl-L-carnitine, and coenzyme Q-10. Tetapi jangan lupa konsultasikan dengan dokter untuk setiap suplemen yang Kamu minum agar aman dan tidak memengaruhi obat diabetes.

  1. Hindari depresi

Cobalah cari kegiatan yang menyenangkan, misalnya memelihara binatang kesayangan atau hobi yang sudah lama ditinggalkan, dan banyak bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif. Meskipun hidup seperti berjalan sangat cepat, hindari stres. Tetap fokus pada kualitas hidup yang bahagia dengan menyeimbangkan antara pekerjaan, kesenangan, dan istirahat. (sbc-02/gsc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: