Search
Kamis 6 Agustus 2020
  • :
  • :

Waspada, Ternyata Gadget Sebabkan Anak Sulit Bicara

Starberita – Jakarta, Gawai atau gadget kini telah menjadi bagian keseharian setiap orang. Tidak terkecuali bagi anak-anak. Umumnya gawai digunakan orang tua sebagai cara untuk membuat anak tenang saat makan, atau dalam keadaan tertentu.

Namun, penggunaan gagdet yang berlebihan berdampak kurang baik pada anak. Salah satunya adalah keterlambatan bicara pada anak. Psikolog anak Ayoe Sutomo, menjelaskan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan bicara anak adalah cara si anak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

“Kemampuan berbicara anak dipengaruhi dengan bagaimana dia berinteraksi dan distimulus dengan lingkungan sekitar,” kata dia.

Menurutnya, ketika di dalam lingkungan si anak tidak terstimulasi dalam hal ini tidak adanya komunikasi dua arah. Anak hanya akan mengikuti apa yang dibicarakan atau dilihat dari gawai tersebut.

“Anak bisa bicara tapi copying dalam artian mengikuti apa yang ada di gadget. Ketika diajak berinteraksi akan kesulitan itu semua,” ujar dia.

Untuk mengatasi hal tersebut, dia menjelaskan orang tua untuk melakukan terapi bicara kepada anak. Dan meminta orang tua untuk menghentikan penggunaan gadget pada anak.

“Ketika terapi kita meminta orang tua untuk stop main gadgetnya stimulasi diperbanyak lagi terkait dengan bicara, simulasi kata baru diajarin bareng-bareng diharapkan mengejar ketertinggalan,” tuturnya.

Ayoe memberikan catatan bahwa porsi penggunaan gawai sendiri untuk anak di bawah tiga tahun sendiri tidak diperbolehkan. Sedangkan anak usia taman kanak-kanak, porsi penggunaan gadget tidak lebih dari 15 hingga 20 menit dalam sehari. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: