Search
Jumat 10 April 2020
  • :
  • :

Dishub Tobasa Minta Semua Pihak Antisipasi Kemacetan Momen Akhir Tahun

Starberita – Balige, Dinas Perhubungan Toba Samosir pihak pelayanan angkutan untuk rapat persiapan penyelenggaraan angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Kantor Dinas Perhubungan, baru-baru ini. Pertemuan tersebut untuk mengantisipasi kemacetan pada momen akhir tahun.

Bupati Darwin Siagian, diwakili Asisten II Jhon Piter Silalahi berhara semua pihak bisa melakukan persiapan pelayanan, pengaturan dan pengamanan selama Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 sehingga tidak sampai terjadi kemacetan di jalan. “Itu pentingnya rapat ini, supaya selama Natal dan Tahun Baru tidak sampai terjadi kemacetan bahkan kesembrautan jalan.”

Kepala Dinas Perhubungan diwakili Kepala Bidang Lalu Lintas, Ojak Samosir, mengajak pengusaha angkutan umum, pengusaha kapal angkutan penumpang, pengusaha SPBU, petugas parkir dan lainnya dapat saling membantu sesuai peran masing-masing dalam melancarkan penyelenggaraan angkutan dan ketertiban di jalan raya.

Ajakan disampaikan karena tahun ini menurutnya situasinya berbeda dari tahun sebelumnya. Diperkirakan tahun ini akan tinggi arus mudik oleh karena kawasan Danau Toba sudah dikembangkan sebagai tujuan wisata.

“Kami memperkirakan akan banyak warga masyarakat dan anak rantau mudik untuk berlibur dan berwisata di objek objek wisata yang ada. Untuk itu ayo saling bantu supaya arus lalu lintas dan pelayanan angkutan lancar,” katanya.

Ojak dalam rapat juga menjelaskan, pihaknya akan mendukung kelancaran penyelenggaraan angkutan selama natal dan tahun baru dengan mengoperasikan dua unit bus milik Dishub secara gratis.

Demikian halnya dengan KM Ihan Batak dikatakan akan dioperasikan untuk melayani masyarakat secara gratis mulai tanggal 20 – 31 Desember, dengan rute Ajibata – Ambarita. Bagi masyarakat luas, Ojak Samosir mengajak supaya turut menjaga kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas di daerahnya.

Mewakili Kasat Lantas Polres Tobasa H Siagian menyarankan agar diantisipasi kepadatan masyarakat dan kemacetan akibat dilakukan angkutan gratis dengan KM Ihan Batak. Kemudian mengantisipasi oknum oknum yang dapat memanfaatkan situasi oleh karena tiket gratis.

“Artinya kita harus memenej situasi lapangan supaya jangan sampai terjadi over kapasitas pada kapal angkutan, kepadatan pembelian tiket kapal penumpang dan kemacetan yang tinggi di jalan,” ujarnya.

Selain itu Siagian juga menyarankan akan selama natal dan tahun baru dilakukan rekayasa lalu lintas di Ajibata dan Balige. “Kita juga perlu memikirkan kebutuhan kenderaan roda dua untuk monitoring dititik-titik kemacetan. Karena tidak tertutup kemungkinan pengemudi ada yang nakal, membuat jalan macet, sehingga bisa ditertibkan,” ujarnya.

Usai pemaparan dari Dishub, Kepolisian, Jasa Raharja, dilakukan tanya jawab. Banyak masukan yang disampaikan para peserta rapat demi lancarnya arus lalu lintas dalam penyelenggaraan angkutan selama natal 2018 dan tahun baru 2019. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: