Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :

Makan Daging Mentah Waspada Toksoplasma

Starberita – Jakarta, Makanan mentah atau Raw Food dianggap oleh sebagian orang lebih sehat dan lebih segar serta lebih mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tubuh pun akan mendapatkan energi lebih cepat juga.

Makanan mentah juga dianggap baik untuk menurunkan berat badan karena kandungan enzim dan gizi yang ada di makanan mentah jauh lebih baik dibandingkan dengan makanan yang melalui proses pemanasan atau pemasakan.

Tapi, ada sebagian masyarakat yang enggan konsumsi makanan mentah karena makanan mentah rentan adanya bakteri, parasit dan virus yang tumbuh pada makanan mentah. Benarkah?

Mengenai hal ini, Spesilais Gizi Klinis, Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) membenarkannya. “Makanan mentah, ada sayur, buah, daging sapi, ayam, ikan,” terangnya.

Meski diyakininya pula makanan ini sehat dikonsumsi dalam keadaan mentah, ada juga efek bahayanya. “Kalau sayur-sayuran ini efek jeleknya bisa mengandung bakteri, jamur, sisa pestisida, parasit. Jadi jangan lupa kalau mau makan sayur mentah dicuci pakai air mengalir,” sarannya.

Sayuran mentah lanjut Samuel jika tidak dicuci bersih juga dikhawatirkan mengandung cacing atau bahkan terdapat amuba yang dikhawatirkan menyebabkan disentri.

“Untuk itu, penting mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi.”

Sementara itu, untuk aneka daging mulai dari daging ayam, daging sapi, hingga adaging ikan, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah dikhawatirkan makanan ini tidak bersih.

“Sebab, daging-dagingan mentah bisa mengandung bakteri toksoplasma, ini bahaya.,” kata Samuel lagi.

Jika daging terpapar toksoplasma, dicuci saja tidak akan bisa menghilangkan bakteri tersebut. Jadi bakteri itu akan mati jika dimasak dengan suhu yang sangat panas.

Tak hanya itu, yang harus diperhatikan pula, saat mengonsumsi daging-dagingan mentah, Anda harus tahu bagaimana proses penyimpanannya. Agar tidak terkontaminasi bakteri dan virus, daging harus disimpan di suhu minus 10 derajat Celcius. Dengan proses penyimpanan itu kuman akan mati. “Jadi pastikan kalau Anda mengonsumsi daging mentah hanya di restoran besar, karena dipastikan restoran besar punya freezer dengan suhu di minus 10 derajat Celsius,” saran Samuel. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: