Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :

Laurent Blanc Cocok Gantikan Posisi Mourinho di MU, Ini 5 Alasannya

Starberita – Jakarta, Manchester United belum bisa menunjukkan performa yang konsisten sejak awal musim 2018-2019, terutama di Liga Inggris. Hal itu membuat posisi sang pelatih, Jose Mourinho, pun mulai goyah. Bagaimana tidak, Mourinho sejatinya memiliki kualitas pemain yang di atas rata-rata tetapi hal itu tidak tercermin ketika berlaga di atas lapangan.

Dengan keadaan seperti itu, maka muncul beberapa nama yang dinilai cocok untuk menggantikan Mourinho sebagai Pelatih Man United dan salah satunya ialah Laurent Blanc. Berikut lima alasan Blanc cocok gantikan posisi Mourinho di Man United, nomor dau faktor utama.

  1. Sepak Terjang yang Baik dengan Klub Sebelumnya

Selama ini Blanc sudah dua kali menukangi sebuah klub yakni Bordeaux dan Paris Saint-Germain (PSG). Bersama dua klub itu Blanc selalu menghadirkan kesuksesan dengan meraih trofi di kompetisi domestik.

Masa-masa terbaik Blanc hadir saat melatih PSG dari 2013 hingga 2016, karena pelatih berpaspor Prancis itu mempersembahkan 11 trofi. Sementara itu, Blanc memberikan empat trofi saat masih melatih Bordeaux. Catatan impresif itu bisa saja diulangi Blanc lagi, jika melatih Man United nantinya.

  1. Pernah Jadi Pemain Man United

Selain pelatih yang lumayan sukses, Blanc pun pada dasarnya juga merupakan pemain yang bergelimangan trofi. Tercatat ada 10 trofi yang diraih Blanc baik di level klub ataupun internasional. Bahkan, Blanc juga pernah menorehkan prestasi ketika berseragam Man United pada 2001 hingga 2003.

Blanc ikut mempersembahkan trofi Liga Inggris 2002-2003, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim itu. Dengan sejarah yang pernah membela Man United juga, maka Blanc disinyalir paham akan filosofi permainan tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Hal itu akan jadi modal utama Blanc untuk membuat Man United bermain menyerang nan atraktif seperti dulu.

  1. Promosikan Pemain Muda

Selain memiliki beragam taktik untuk setiap klub-klub yang dilatinya, Blanc juga terkenal suka untuk mempromosikan para pemain muda ke tim utama. Contoh nyata dari salah satu pemain muda yang dipromosikan Blanc ialah Adrien Rabiot, ketika masih melatih PSG.

Rabiot kini jadi salh satu tulang punggung di lini tengah PSG. Hal itu juga bisa terjadi di Man United, karena pada dasarnya The Red Devils –julukan Man United– punya banyak bakat-bakat muda di akademinya yang siap untuk dipromosikan, seperti Angel Gomes dan Tahith Chong.

  1. Bagus dalam Manajemen Tim

Ketika masih membesut PSG, Blanc dihadapkan dengan banyak pemain-pemain bintang yang memiliki sikap egois yang tinggi seperti Zlatan Ibrahimovic, Angel Di Maria, Edinson Cavani, Thiago Silva, dan Marco Verratti. Akan tetapi tidak pernah terjadi perpecahan dalam tubuh tim yang diasuhnya itu, sehingga strategi yang disiapkan pun bisa berjalan dengan apik di lapangan.

Hal yang berbeda terjadi di tubuh Man United yang saat ini diatih Mourinho. Pasalnya, pada musim ini banyak konflik yang terjadi di Man United termasuk perselisihan antara Mourinho dan pemain bintangnya, Paul Pogba. Perselisihan keduanya merupakan salah satu fakto tidak konsistennya

  1. Bermain Sepakbola Menyerang

Man United sejak ditangani Mourinho lebih suka menerapkan sepakbola bertahan ketika bertanding. Hal itu kerap dikritik oleh fans Man United, karena merasa jati diri tim kebanggaannya sebagai salah satu klub besar di dunia hilang saat bermain bertahan.

Jika Blanc menggantikan Mourinho, maka bisa dipastikan Man United akan balik ke permainan menyerangnya. Pasalnya, saat masih melatih Bordeaux ataupun PSG Blanc selalu memainkan sepakbola menyerang sebagai andalan untuk meraih kemenangan. Hal itu tentu akan membuat fans Man Untied gembira karena tim kebanggaannya kembali menunjukkan kualitas sebagai salah satu klub besar di dunia. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: