Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :

Disdik Tobasa Gelar Sosialisasi Dapodikdasmen 2019

Starberita – Balige, Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Rabu (5/12/2018), menggelar sosialisasi aplikasi dapodikdasmen versi 2019, penggunaan dan pengisian data pada aplikasi dapodik kepada para operator SD dan SMP se-Kabupaten Tobasa di Soposurung Balige.

Kepala Dinas Pendidikan Parlinggoman Panjaitan diwakili Kepala Bidang Dikdas Tumpal Panjaitan mengatakan, Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen) merupakan aplikasi penting yang dikeluarkan Kemendikbud. Aplikasi Dapodikdasmen berguna sebagai aplikasi pendataan mulai dari data siswa, data pendidik (guru), tenaga kependidikan, data sarana prasarana (sarpras), serta data-data sekolah lainnya.

“Kalau pengisian datanya dilakukan salah atau tidak akurat maka akan berdampak pada dana BOS, bantuan pemerintah pusat, Program Indonesia Pintar (PIP) dan lainnya, karena dasar dari semua itu adalah Dapodik,” ujar Tumpal.

Oleh sebab itu, tegas Tumpal, pengisian data siswa, guru, tenaga kependidikan, data sarana prasarana dan lainnya harus benar sesuai realita atau kenyataan.

“Semua data-datanya harus di update setiap ada terjadi perubahan data. Misal, kalau ada siswa pindah, datanya harus diupdate. Kalau toilet sekolah rusak, harus dinyatakan rusak. Jangan dinyatakan bagus pada Dapodik padahal kenyataannya sudah rusak,” terangnya.

Karena hal seperti itu lanjut Tumpal, berdampak pada bantuan dari pemerintah pusat terhadap upaya pengembangan pendidikan di daerahnya bahkan kepada PIP dan lainnya.

Mengenai Dana BOS, Tumpal mengingatkan semua operator agar benar benar membantu Kepala Sekolah masing masing supaya tidak sampai terjadi kesalahan dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban dana BOS.

“Jangan ada SPJ penggunaan dana tetapi di RKAS tidak ada. Sebaliknya di RKAS ditampung tetapi SPJ-nya tidak ada. Tidak boleh terjadi hal demikian,” terangnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: