Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Kenali 9 Tanda HIV yang Sering Diabaikan
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

Kenali 9 Tanda HIV yang Sering Diabaikan

Starberita – Jakarta, Sebagian besar orang tidak tahu bahwa mereka terkena virus HIV karena mereka abai pada gejala-gejela penyakit ini, padahal gejalanya sangat dekat. HIV Aids adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia yang sampai saat ini belum ada obat yang efektif untuk membunuh virus tersebut.

Namun, jika Anda dapat mengidentifikasi gejala HIV positif tepat waktu, mungkin masih ada harapan untuk Anda. Karena gejala awalnya tidak ada, orang-orang yang berisiko tersebut kadang tidak tahu tubuhnya sudah dimasuki virus HIV. Dalam satu atau dua bulan, virus HIV memasuki tubuh.

Sebesar 40 hingga 90 persen dari orang mengalami gejala seperti flu dapat dikenal sebagai sindrom retroviral akut (ARS). Tetapi kadang-kadang gejala HIV tidak muncul selama beberapa tahun bahkan beberapa dekade setelah infeksi. Tanda-tanda umum HIV adalah demam yang mengganggu, pembengkakan kelenjar getah bening, dan infeksi terkait dingin.

Berikut beberapa tanda HIV yang sering diabaikan dan harus dikenali lebih awal.

Demam mendadak

Salah satu tanda pertama kali terkena virus HIV, Anda mungkin terkena demam ringan. Demam akan disertai batuk dan pilek. Demam ini mereda dalam beberapa hari dan Anda mungkin tidak memiliki gejala lain selama bertahun-tahun.

Kelelahan

Ini adalah tanda pertama dari HIV yang cenderung diabaikan. Kelelahan bisa terjadi karena beberapa alasan. Tetapi jika Anda tidur nyenyak, cukup istirahat dan masih merasa lelah setiap saat, itu bisa menjadi penyebab kekhawatiran.

Sakit kepala

Ada beberapa jenis sakit kepala yang kita derita. Ketika Anda positif HIV, Anda akan mengalami sakit kepala konstan yang membuat Anda merasa demam dan lemah.

Sakit tenggorokan

Infeksi yang berhubungan dengan dingin seperti sakit tenggorokan dan batuk mulai menyerang Anda sangat sering karena mekanisme pertahanan tubuh Anda menurun.

Kulit ekstra sensitif

Kulit Anda mungkin menjadi terlalu sensitif terhadap infeksi, tergores dan bahkan disentuh. Kadang-kadang, bahkan sedikit goresan bisa membuat kulit Anda merah atau membuat Anda berdarah.

Mual dan diare

Anda kehilangan nafsu makan karena mual dan makanan tidak bisa dicerna dengan mudah. Ini karena bakteri baik di perut Anda perlahan mati.

Kebingungan dan sering lupa

Virus HIV memengaruhi setiap bagian tubuh Anda termasuk sel-sel otak. Kadang-kadang, ini dapat menyebabkan demensia, kebingungan dan kehilangan ingatan pada tahap akhir dari infeksi.

Datang bulan tak beraturan

Wanita menghadapi masalah dalam siklus menstruasi mereka menjadi tidak teratur dan lebih ringan. Hal ini terutama disebabkan oleh jumlah darah yang rendah dan penurunan kesehatan umum.

Berat badan menurun drastis

Ketika Anda berada dalam stadium lanjut HIV, Anda akan kehilangan jumlah berat badan yang sangat besar karena diare dan serangan infeksi yang terus-menerus. Jika merasa seperti ini sebaiknya Anda harus cek segera ke dokter.

Selain deteksi tanda-tanda lebih dini Anda juga harus sesegera mungkin mendapatkan pengobatan jika Anda positif terkena HIV. Karena pengobatan di awal terjadinya infeksi bisa mengendalikan hingga memperlambat perkembangan virus. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: