Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Sakit Flu Disertai Sesak Tak Kunjung Sembuh, Waspada Terkena Pneumonia!
Search
Sabtu 14 Desember 2019
  • :
  • :

Sakit Flu Disertai Sesak Tak Kunjung Sembuh, Waspada Terkena Pneumonia!

Starberita – Jakarta, Musim penghujan telah tiba. Beberapa wilayah di tanah air sudah mulai diguyur dengan hujan intensitas rendah. Tentunya kuman penyebar penyakit sudah semakin banyak bertebaran di udara.

Salah satu penyakit yang umum dialami oleh masyarakat selama musim penghujan adalah flu atau biasa disebut dengan selesma. Mungkin, bagi sebagian orang, flu dianggap sebagai penyakit receh-receh.

Biasanya orang hanya mengonsumsi obat yang biasanya dijual di warung, atau bahkan sama sekali tidak minum obat-obatan ketika sakit. Namun perlu Anda ketahui, dr Darmawan Budi Setyanto, Sp.A (K) mengatakan bahwa selesma yang berkelanjutan dapat berpotensi menyebabkan pneumonia.

Normalnya selesma akan sembuh dalam waktu kurang dari satu pekan. Namun jika sudah lebih dari itu, maka bisa berpotensi menimbulkan pneumonia.

“Jadi intinya selesma bisa berkembang menjadi pneumonia di bawah sepekan. Tandanya akan terlihat jika Anda mulai merasakan gejala mulai sesak,” tutur dr. Darmawan.

Dalam kesempatan yang sama dr. Darmawan menjelaskan bahwa selesma sebenarnya tidak membutuhkan obat. Seseorang akan sembuh dengan sendirinya jika memiliki saya tahan tubuh yang baik.

Namun, jika daya tahan tubuh seseorang kurang baik. Maka selesma akan bertambah parah dan muncul beberapa gejala lain yang bisa mengarah kepada ISPA.

“Selesma akan membaik sendiri kurang dalam satu pekan. Awalnya Batuk pilek, hari kelima menjadi sesak. Ini biasa disebut Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Kenapa disebut akut, itu karena kejadiannya berlangsung lebih dari dua pekan,” tutupnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: