Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Pneumonia, Pembunuh yang Terabaikan
Search
Minggu 15 Desember 2019
  • :
  • :

Pneumonia, Pembunuh yang Terabaikan

Starberita – Jakarta, Pneumonia merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi anak-anak karena dapat menyebabkan kematian. Pneumonia adalah radang pada jaringan paru dan sekitarnya.

“Radang artinya jaringan mengalami kerusakan,” ujar dr. Darmawan Budi Setyanto, SpA(K).

Berbicara pada seminar media di Kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia, Jakarta, Kamis (29/11/2018), Darmawan mengatakan, kerusakan ini menyebabkan jaringan terisi oleh cairan radang. Akibatnya, pertukaran gas di dalam paru-paru tidak bisa berlangsung. Kondisi ini yang menimbulkan bahaya bagi pasien pneumonia.

Jika jaringan paru rusak, maka oksigen yang masuk menjadi berkurang. Inilah yang menjadi penyebab kematian pada pasien pneumonia.

Meski membahayakan dan menjadi penyebab kematian tertinggi pada anak, pneumonia masih belum mendapatkan perhatian besar dari masyarakat. Padahal dalam satu hari, anak-anak yang meninggal karena pneumonia sama jumlahnya dengan penumpang pesawat jumbo jet.

Kelompok usia yang paling rentan terkena pneumonia adalah balita, karena sistem imun mereka yang belum bagus.

“Pneumonia menjadi pembunuh yang terabaikan. Padahal kematian karena pneumonia masih lebih banyak dari malaria dan campak,” imbuh Darmawan. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: