Search
Minggu 5 April 2020
  • :
  • :

Bupati: RIPPDA Penting Kembangkan Pariwisata Karo

Starberita – Kabanjahe, Besarnya potensi wisata, membuat Kabupaten Karo harus memiliki rencana induk pengembangan pariwisata. Untuk mempercepat pembangunan potensi wilayah yang bisa dijadikan sektor pariwisata, Pemkab Karo dan DPRD pun senantiasa mendukung pengembangan wisata sesuai dengan . Dipastikan, rencana induk tersebut akan disusun dan dibahas pada tahun 2018 dalam bentuk rancangan peraturan daerah (Raperda).

Bupati Karo, Terkelin Brahmana menyampaikan bahwa Raperda Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah (RIPPDA) akan disusun tahun ini. Dia menjelaskan, pihaknya bersama anggota DPRD Karo, Mansur Ginting, Onasis Sitepudan Kadis Parawisata, Mulia Barus telah berkordinasi dengan Kementerian Parawisata di Jakarta, Senin (5/11/2018).

“Saat itu kami diterima Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Parawisata Kementerian Pariwisata RI, Dadang Rizki Ratman,” ujarnya kemarin.

Terkelin menegaskan, pembuatan rencana induk pembangunan kepariwisataan sangat penting bagi Kabupaten Karo. “Potensi wisata salah satu andalan pemasukan kas daerah, selain sektor pertanian,” kata dia.

“Oleh karenanya, pengembangan wisata butuh masterplan yang nantinya tertuang dalam Ripparda. Untuk memaksimalkan potensi wisata yang begitu besar, Kabupaten Karo butuh rencana induk pengembangan kepariwisataan jangka panjang.”

Legislator Karo, Mansur Ginting dan Onasis Sitepu menilai Raperda RIPPDA mendukung kewenangan otonomi desa sebagaimana UU no 06 Tahun 2016. Sehingga potensi-potensi pariwisata yang ada di desa bisa dikembangkan lebih baik dan profesional. “Terlebih, dukungan anggaran yang dimiliki desa saat ini memungkinkan pengembangan sektor wisata desa.” (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: