Search
Kamis 15 November 2018
  • :
  • :

Tanpa Disadari, 7 Spot di Rumah Ini Jadi Sarang Kuman & Bakteri!

Starberita – Jakarta, Tahukah Anda bila di rumah bisa menampung lebih dari 200 ribu mikroba? Beberapa di antaranya bahkan berada di peralatan yang sering dipakai. Oleh karenanya, menjaga kebersihan rumah sangatlah penting karena mikroba seperti bakteri dan virus dapat berbahaya bagi tubuh.

Inilah sejumlah bagian di rumah yang dihinggapi bahkan jadi sarang banyak mikroba:

Area yang dikerumuni lalat

Selain bakteri dan jamur, rumah mengandung ratusan spesies serangga. Salah satu yang paling produktif adalah lalat. Mulai dari lalat buah, lalat freeloader (pengusir hama), hingga lalat yang dapat menyebarkan kotoran. Area yang dikerumuni lalat ini tak cuma sekitar tong sampah, bisa juga halaman depan, atau kolam ikan.

AC

Pernahkah Anda mencium bau apek ketika menyalakan AC? Aroma itu berasal dari jamur Cladosporium yang merupakan alergen dan Penicillium. Untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan, bagi mereka yang rentan terhadap alergi, ada baiknya membuka jendela ketika AC dihidupkan sehingga aromanya dapat segera keluar.

Dispenser sabun

Mungkin terlihatnya bersih, tapi siapa sangka bila dispenser sabun dapat menyimpan beberapa bakteri yang paling berbahaya di rumah karena semua jenis mikroba lainnya telah terbunuh. Salah satu bakteri yang mungkin ada adalah Pseudomonas aeruginosa. Ini adalah bakteri yang menyebabkan lebih banyak infeksi pasien terkait imun dan bakteri ini bisa berkembang biak karena benar-benar kebal serta tidak terpengaruh oleh sabun.

Pakaian

Tak hanya pakaian kotor, pakaian bersih bisa menjadi tempat tinggal untuk bakteri, jamur, dan organisme lainnya.

Lubang pembuangan

Salah satu tempat berkembang biang bakteri yang paling kelihatan adalah lubang pembuangan untuk wastafel, tempat cuci piring, atau bahkan di kamar mandi.

Shower

Lubang air di shower yang sering berada dalam kondisi kering, basah, kering, basah, begitu seterusnya dapat membentuk biofilm yang tercipta dari ekskresi bakteri. Mikroba ini dapat berpindah ke rambut, tubuh, dan bahkan masuk melalui hidung serta mulut.

Sarung bantal

Seberapa rutin Anda mengganti sarung bantal? Tahukah Anda bila fragmen tinja sering ditemukan pada sarung bantal? Secara tidak sadar, ornag mungkin akan langsung naik ke tempat tidur sehabis dari toilet dan kemudian memegang bantal. Hal ini membuat mikroba feses pindah dari tangan ke bantal. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan