Search
Sabtu 17 November 2018
  • :
  • :

Studi: Pilates Terbukti Bantu Kelola Stres!

Starberita – Jakarta, Semakin dinamis aktivitas manusia sekarang, menimbulkan masalah baru. Penyakit mental pun semakin tinggi karena tekanan dan pola hidup yang sangat berbeda.

Hal ini tentunya harus disikapi dengan bijak. Tidak bisa kemudian rasa cemas dan tidak adanya perasaan bahagia dianggap biasa saja. Anda harus mencari solusi untuk itu, karena masalah kesehatan mental sekarang bisa berdampak panjang dan membahayakan nyawa.

Nah, salah satu upaya penanganan adalah dengan berolahraga. Banyak ahli menjelaskan bahwa dengan berolahraga Anda bisa mengeluarkan hormon stres dan menciptakan hormon kebahagiaan untuk tubuh Anda.

Lebih spesifik lagi, studi menjelaskan bahwa pilates adalah olahraga yang bisa mengatasi masalah ini. Rutin menjalani pilates selama 12 minggu, bisa mengelola stres dan masalah psikologis dan sosial lainnya.

Penelitian yang dipublikasi di jurnal Musculoskeletal Care ini menegaskan bahwa pilates benar bisa membawa dampak baik untuk kesehatan mental seseorang. Kondisi kronis seperti nyeri punggung bawah yang tidak spesifik, osteoartritis sendi periferal, dan beragai kondisi pasca operasi pun dianggap bisa diatasi dengan pilates.

Dalam penelitian ini, koresponden yang terlibat berusia 36 hingga 83 tahun. Di luar dari peningkatan kebugaran tubuh, pilates juga membantu responden mendapatkan gaya hidup yang lebih aktif fan membantu mereka untuk mengelola kondisinya.

“Pilates terbukti meningkatkan fungsi kegiatan sosial yang berarti menghasilkan manfaat yang baik untuk psikologis peserta dan ini berkaitan juga dengan peningkatan motivasi peserta untuk mau menjalani gaya hidup sehat,” terang co-writer Lynne Gaskeli.

Meski pun terbukti memberi dampak baik untuk kehidupan seseorang, peneliti menegaskan bahwa Anda jangan mengabaikan hal-hal lain yang menunjang tercapainya tujuan tersebut. Jadi, tidak bisa juga hanya mengandalkan pilates, Anda kemudian bisa terbebas dari persoalan psikologis dan sosial.

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah saat melakukan pilates, sebaiknya didampingi oleh ahli. Sebab, dengan gerakan yang tidak benar, maka fungsi tersebut tidak bisa bekerja. So, jangan ragu untuk melakukan pilates pagi ini! (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan