Search
Kamis 15 November 2018
  • :
  • :

Ternyata, Tidur Bisa Membuat Pintar Lho! Ini 5 Caranya

Starberita – Jakarta, Semua orang tentu ingin menjadi cerdas. Dan semua orang pasti suka tidur. Nah, mungkin ini adalah salah satu kabar gembira bagi Anda bahwa tidur juga dapat membuat seseorang menjadi lebih cerdas. Beberapa cara dapat membuat otak Anda bekerja lebih baik sehingga membuat menjadi lebih cerdas. Berikut cara simpel supaya tidur dapat membantu otak Anda bekerja lebih baik.

  1. Bangun tepat waktu

Anda mungkin berpikir bahwa semakin banyak tidur, akan membuat merasa lebih baik. Namun dalam sebuah penelitian, mereka yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 9 jam memiliki hasil lebih buruk pada tes kognitif dibandingkan mereka yang tidur selama 7 jam.

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menjadi sebuah indikasi bahwa Anda memiliki kualitas tidur yang kurang, tidur yang lebih dari terfragmentasi, yang dapat mempengaruhi kesehatan otak Anda.

  1. Belajar sebelum tidur

Jika Anda ingin memastikan untuk mengingat apa yang baru saja Anda pelajari, lakukanlah sebelum tidur karena hal ini adalah sesuatu yang bagus bagi kesehatan otak. Sebuah studi pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa orang-orang yang menghafal sebelum tidur, dapat mengingat lebih dari 12 jam dibandingkan dengan mereka yang belajar pada pagi hari. Karena, tidur dapat membantu untuk menstabilkan ingatan deklaratif yang baru dipelajari.

  1. Nyemil

Dalam sebuah penelitian dari University of California, Los Angeles menemukan bahwa makan sebelum tidur dapat mempengaruhi aktivitas protein sirkadian maupun hippocampus, yang memiliki peran untuk memori seseorang. Jadi, nyemil sebelum tidur dapat membuat otak Anda bekerja dengan lebih baik.

  1. Menghirup aroma

Dalam sebuah penelitian, aroma dapat berpengaruh terhadap memori seseorang. Mereka yang terpapar dengan aroma seperti misalnya aroma mawar pada malam hari, selama tidur gelombang otaknya akan melambat. Para peneliti mengatakan bahwa sistem penciuman mengaktifkan ingatan di hippocampus, dan membuat otak lebih mudah menyimpan informasi baru.

  1. Dengarkan suara

Menurut sebuah studi dari Northwestern University dan diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Northwestern, para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang mendengarkan suara-suara yang lembut, gelombang tidurnya akan melambat dan hal ini dapat membantu ingatan seseorang menjadi lebih kuat. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan