Search
Sabtu 17 November 2018
  • :
  • :

Studi: Konsumsi Coklat, Teh & Kopi Bisa Bikin Panjang Umur

Starberita – Jakarta, Kandungan coklat seringkali diperdebatkan. Beberapa menyebut, konsumsi coklat dapat membuat tubuh lebih gemuk, sementara yang lainnya menyebut konsumsi cokelat membawa banyak manfaat kesehatan.

Belakangan juga banyak yang menyebut bahwa coklat bisa membuat panjang umur. Orang yang rutin mengonsumsi coklat disebut mempunyai harapan hidup yang lebih lama. Tapi benarkah semua hal itu?

Ternyata, ada sebuah penelitian baru yang menyebut bahwa konsumsi cokelat, kopi dan teh dapat membantu seorang memiliki harapan hidup lebih lama.

Namun penelitian itu menyebut konsumsi ketiga hal itu harus dibarengi dengan konsumsi suplemen zink. Alasannya, senyawa zink mampu mengaktifkan senyawa dalam tubuh yang mampu memperlambat penuaan.

Peneliti yang dilakukan di Universitas Erlangen Nuremberg dan Universitas Auburn di Alabama ini menyebutkan bahwa kombinasi antara kopi, cokelat, teh dan zink juga dapat melindungi tubuh terhadap ‘stres oksidatif’ yang terjadi secara alami.

Seperti diketahui stres oksidatif bisa  menyebabkan penuaan dan penyakit lain seperti kanker, peradangan, atau penyakit degeneratif. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan