Search
Sabtu 17 November 2018
  • :
  • :

Polres Binjai Gelar Sosialisasi Peragaan Pengamanan TPS

Starberita – Binjai, Dalam rangka pelaksanaan peragaan pengamanan di TPS, Polres Binjai gelar sosialisasi dengan mengundang KPU dan Bawaslu Binjai yang diselenggarakan di Aula Catur Sakti Polres Binjai, Rabu (7/11/2018).

Hadir dalam sosialisasi Kabag, Kasat, Kapolsek Sejajaran Polres Binjai dan para Personil Polri yang terlibat dalam Ops Mantap Brata Toba 2018

Dalam sosialisasi tersebut komisioner KPU Kota Binjai bidang Devisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi menjelaskan kepada personil Polres Binjai tentang undang-undang pemilu yang terkait dengan tugas pokok Kepolisian.

“Adapun peran penting Polri dalam UU Pilkada yakni melakukan pengamanan pada setiap tahapan pilkada, Melakukan penyidikan terhadap tindak pidana pilkada yang dilaporka kepada Polri melalui Bawaslu, ” kata Robby.

Robby juga menjelaskan kalau polisi harus melakukan tugas lain menurut perundang – undangan yang berlaku seperti melaksanakan tugas pelayanan penerimaan pemberitahuan kegiatan kampanye.

Di tempat yang sama ketua Bawaslu Binjai, Arie Nirwanto menjelaskan tentang landasan hukum dan peraturan kempanye, alur pengawasan kampanye dan definis kampanye dan Citra diri Pemilu 2019.

“Tugas Bawaslu itu melakukan Pencegahan pengawasan, dan pendidikan kepada peserta pemilu, ” kata Arie menjelaskan.

Selain itu Arie juga memberikan paparan kepada peserta Latihan Pra Operasi Mantap Brata 2018 tentang peran Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam Pemilu 2019.

“Dalam pemungutan suara di lokasi TPS, agar Polri benar-benar melaksanakan tugasnya dengan tetap menjaga Netralitas sebagai anggota Polri, ” ucapanya

Sementara itu Kapolres Binjai AKBP Donald P Simanjuntak yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Zulkarnain Sinulingga mengharapkan kepada KPU dan Bawaslu kota Binjai untuk dapat memberikan sosialisasi dan penjelasan kepada personil Polres binjai tentang undang-undang pemilu yang terkait dengan tugas Kepolisian

“Kegiatan ini diselenggarakan agar para personil Polres Binjai memahami tugas dan tanggung jawabnya pada saat akan berlangsungnya pemilu Legislatif dan Presiden, ” tandasnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan