Search
Sabtu 15 Desember 2018
  • :
  • :

Mitos Tentang Diet Ini Tak Perlu Kamu Percaya

Starberita – Jakarta, Memiliki tubuh ideal dan dengan berat badan yang sempurna merupakan impian semua orang. Alhasil mereka melakukan banyak cara agar dapat mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Salah satunya dengan melakukan beberapa gerakan yang dinilai dapat membakar kalori sehingga bisa menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Nah beberapa aktivitas dan gaya dipercaya bisa membakar lemak tubuh lebih cepat. Meski demikian teori tersebut masih dipertanyakan kebenarannya. Banyak dari mereka percaya hal tersebut efektif, namun sebagai lainnya menilai hal tersebut hanyalah mitos.

Saat ini tingkat obesitas di seluruh dunia meningkat dan para ahli memperkirakan generasi muda ini lebih banyak mengalami kegemukan untuk pertama kalinya dalam 200 tahun terakhir. Mereka juga memiliki angka harapan hidup yang lebih pendek ketimbang orang tua mereka, akibat dari bentuk lingkar pinggang mereka yang lebih besar.

Sebuah artikel di New England Medical Journal (NEMJ) pada 2013 menemukan banyak orang percaya mitos umum beredar tentang penurunan berat badan, dari apa yang ada di media hingga literatur ilmiah. Namun, apakah hal tersebut benar?

Seks terhitung sebagai olahraga?

Tak peduli berapa kali seminggu Anda berhubungan seksual, hal tersebut dinilai sebagai sebuah latihan. Saat berhubungan seksual selama enam menit, rata-rata pria berusia 30 tahun hanya membakar 20 kalori.

Ahli kedokteran keluarga Tammy Chang dan Angie Wang, keduanya dari University of Michigan, menulis dalam The Conversation. Dan sebagaimana dijelaskan oleh artikel NEJM, ini hanya 14 kalori lebih banyak daripada hanya duduk dan menonton TV. “Jadi jika pikiran melewati kepala Anda bahwa seks bisa menjadi olahraga Anda untuk hari itu, Anda harus berpikir lagi.”

Berjongkok dapat membentuk bokong lebih kencang?

Jongkok akan memberikan hasil yang indah pada bokong Anda. Emma Frain, seorang pelatih pribadi dan kepala kebugaran di Protein World, mengungkapkan campuran beberapa latihan kaki akan memberi Anda hasil yang lebih baik.

“Anda dapat mencampur latihan hari butt / leg Anda dengan menambahkan beberapa latihan aktivasi glute yang benar-benar membantu untuk mengubah bokong Anda selama latihan,” tutur Emma Frain.

Konsumsi sayuran hijau serta mengurangi gula dan minuman keras untuk kurangi berat badan?

Pada tingkat tertentu Anda pasti harus mencoba mengurangi gula dan meningkatkan asupan sayuran berdaun hijau. “Memangkas semua asupan gula dan alkohol dan memakan sayuran sangatlah baik. Cobalah dan isi piring Anda dengan makanan yang tidak diproses sebanyak mungkin, sehingga ada sedikit ruang untuk makanan olahan dan gula tambahan dalam diet Anda,” tegas Pelatih gizi kinerja Australia, Camilla Akerberg,

Perubahan kecil dapat mempengaruhi hasil yang besar.

Teori ini tidaklah benar. Kedokteran keluarga, Tammy dan Angie menjelaskan perubahan kecil tidak bertambah karena alasan fisiologis. Tubuh Anda akan tetap memiliki berat yang sama. Pasalnya hal-hal kecil pun yang Anda lakukan untuk tetap sehat.

“Anda tidak mungkin memenuhi sasaran penurunan berat badan dengan hanya mengurangi satu gigitan. Perubahan akan terjadi apabila Anda melakukan diet dan olahraga,” tegas Tammy.

Anda harus menetapkan tujuan yang realistis

Menetapkan tujuan yang tidak realistis mungkin akan membuat Anda terlihat tidak mendapatkan hasil yang lebih baik. “Para pasien sering datang dengan tujuan ambisius untuk menurunkan berat badan, dan kami sebagai dokter keluarga hampir selalu menyarankan untuk realistis,” tandasnya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: