Search
Sabtu 17 November 2018
  • :
  • :

Bupati Karo Teken PHD Rp161 M Paska Bencana Sinabung

Starberita – Kabanjahe, Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmana menandatangani perjanjian hibah daerah (PHD) Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana TA 2018 dengan Kementerian Keuangan Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan, Ubaidi Socheh Hamidi, Rabu (7/11/2018) di Jakarta.

BNPB menyelenggarakan penandatanganan perjanjian hibah daerah rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana, guna mempercepat pemulihan pasca bencana. Penandatanganan ini untuk memperkuat komitment pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, BNPB dan BPBD dalam pelaksanaan pemulihan pasca bencana yaitu pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Dalam PHD Rehabilitasi Rekonstruksi Pasca Bencana TA 2018 dijelaskan, pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp. 161,7 milyard lebih, diperuntukkan kepada Pemda Karo, untuk pembiayaan penanggulangan bencana, antar pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Terkelin menyampaikan, Pemda Karo akan menindaklanjuti dan melaksanakan kegiatan-kegiatan rehabilitasi dan analisis ini dengan tata kelola keuangan yang baik, taat aturan hukum dan semoga apa saja yang bisa dilakukan memberikan manfaat bagi masyarakat Karo khususnya yang tertimpa musibah bencana alam, ujarnya.

Dia menjelaskan, dasar PHD sesuai undangan nomor : und-116 /PK/2018 tanggal 5 Nopember 2018 yang ditujukan kepada Pemkab Karo yang ditandatangani atas nama Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan Kementerian Keuangan, Ubaidi Socheh Hamidi.

‚ÄúSurat itu berisi, surat penetapan pemberian hibah (SPPH) Rehabilitasi Rekonstruksi pasca bencana tahun 2018 dan penandatanganan perjanjian hibah daerah bencana(PHD),” katanya.

Peserta hibah yang diundang, bukan saja dari Kabupaten Karo, ada juga daerah lain seperti, Gubernur DIY Yogyakarta, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Bantul, Bupati Gunungkidul, Bupati Klaten, Bupati Kulon Progo, Bupati Pacitan, Bupati Sleman, Bupati Wonogiri, Walikota Yogyakarta, Gubernur Sumut. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan