Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Guys, Kenali Penyebab Umum Kanker Payudara pada Pria

Starberita – Jakarta, Kanker payudara identik dengan penyakit yang rentan diidap oleh kaum wanita. Namun, bukan berarti kanker ini tak bisa menyerang pria. Angka kanker payudara pada pria memang tidak sebesar pada kaum wanita. Tetapi, bukan berarti kasus kanker payudara pada pria bisa dianggap sepele.

Ada beberapa penyebab kanker payudara pada pria. Sama seperti pada wanita, kanker payudara pria juga ditandai dengan adanya benjolan di belakang area puting. Hal ini bisa dipicu oleh faktor riwayat keluarga.

“Salah satu pemicu kanker pada pria yaitu genetik. Riwayat keluarga yang pernah kanker payudara, dapat dengan mudah memicu kanker,” ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Intervensi, dr. Johan Winata, Sp, JP (K) FIHA, beberapa waktu lalu.

Tak hanya riwayat keluarga, pengaruh lingkungan juga berperan erat terhadap pemicu kanker payudara. Salah satunya yaitu kebiasaan merokok yang bisa membuat sel normal cepat bermutasi.

“Asap rokok berlebih bisa memicu mutasi genetik. Ditambah ada pengaruh gen yang memang diturunkan dari kedua orangtua, makin besar peluang kanker payudaranya,” ucapnya.

Faktor lain dari lingkungan yaitu radikal bebas yang terpapar terus menerus ke tubuh sehingga sel kanker bisa bermanifestasi. Untuk itu, diperlukan pemahaman bahwa pola hidup yang baik tentu berperan besar terhadap kesehatan tubuh, khususnya sebagai pencegah kanker.

“Faktor lingkungan yang buruk bisa memicu kanker bermanifestasi. Sehingga dua hal ini, genetik dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kanker payudara pada pria,” kata Johan. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: