Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Polres Amankan 1600 Satwa Langka Belangkas di Pelabuhan Teluk Nibung
Search
Jumat 18 Oktober 2019
  • :
  • :

Polres Amankan 1600 Satwa Langka Belangkas di Pelabuhan Teluk Nibung

Starberita – Kisaran, Polres Asahan berhasil mengamankan sedikitnya 16 fiber berisikan belangkas siap kirim dari pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai. Belangkas merupakan satwa dilindungi tersebut diperkirakan harga jualnya perekor dengan harga jual nelayan Rp25 ribu per ekor ke agen, jika dikalkulasi keseluruhan Belangkas yang siap kirim nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi melalui Kasat Reskrim AKP Ricky Pripurna Atmaja ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (18/10/2018) membenarkan hal itu dan saat ini barang tidak bertuan itu sudah diamankan di Mapolres setempat, kata AKP Ricky.

“Rata – rata satu fiber beratnya mencapai 100 kg, jadi jika rata – rata satu ekor 1 kg, maka jumlahnya mencapai 1600 ekor,” ungkapnya sembari mengatakan jika pengungkapan kasus itu berdasarkan informasi dari pegawai Karantina, Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

Selanjutnya dijelaskan, pasal yang dipersangkakan Pasal 21 Ayat 2 Huruf A dan B, Jo Pasal 40 ayat 2 UU RI NO 5/1990, tentang Konservasi Daya Alam Hayati dan Ekosistem, JO PP No 7/1999 tentang pengawetan satwa dan satwa. Belum ada yang dijadikan tersangka, namun langka awal pihaknya akan memanggil pemilik rumah, kata Ricky.

Disinggung dengan antisipasi atau pencegahan dari tindakan yang sama mengingat garis pantai Asahan cukup panjang, Ricky menjelaskan, Sat Reskrim tidak ada tindakan pencegahan namun yang dilakukan adalah represif (penindakan), namun yang melakukan pecegahan baik itu pre-vemtif, dan represif, dilakukan oleh Sat Sabhara dan Sat Bimas, yang dideteksi dini oleh Sat Intel. Dengan kata lain ada kerja sama dalam menekan tindak kejahatan.

Terpisah, Ahmad Sofyan salah seorang tokoh nelayan saat dimintai komentarnya terkait satwa langka yang saat ini diperdagangkan secara diam – diam mengatakan, saat ini agen berani membayar Rp.25 ribu dalam satu ekor, kata Sofyan.

Menurutnya, belangkas merupakan salah satu hasil nelayan selain ikan, kerang, kepiting dan lain sebagainya, ”namun tidak semua agen berani membeli belangkas karena tidak boleh diperdagangkan,” tegas Sofyan. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: