Search
Rabu 12 Desember 2018
  • :
  • :

Ini Khasiat Madu Manuka

Starberita – Jakarta, Madu dikenal sebagai obat alami dengan beragam khasiatnya untuk tubuh. Namun demikian, perlu digaris bawahi bahwa khasiat madu secara maksimal akan bisa didapatkan dari madu yang berkualitas.

Salah satu jenis obat alami yang berasal dari madu merupakan kombinasi dari pohon manuka asal New Zealand. Pohon Manuka sendiri memiliki sejarah panjang ratusan tahun sebagai tanaman obat yang dihormati.

“Yang secara tradisional digunakan oleh orang-orang Maori Selandia Baru sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuhan terutama untuk penyakit pencemaan, mulut dan kulit,” ujar General Manager Asia Manuka Health New ZeaIand, Cameron Bower, di kawasan Menteng, Jakarta.

Popularitas Madu Manuka sebagian besar karena sifat anti-bakteri dan penyembuhannya yang kuat. Setelah sekian lama diadakan penyelidikan ilmiah, maka di tahun 2006 para peneliti dari Manuka Health akhirnya menemukan MGO (methylglyoxal), senyawa kunci anti-bakteri alami yang khas pada pohon manuka.

“Bahan MGO ditemukan di nektar bunga Manuka yang hanya ada di Selandia Baru,” tuturnya.

Lantas, seberapa berkhasiat senyawa anti bakteri yang ada dalam madu manuka tersebut?

Pertama, mampu menjaga kesehatan tubuh karena memiliki efek anti-bakteri yang lebih kuat dengan kandungan MGO yang tinggi. Sedangkan pada sistem pencernaan manusia, Madu Manuka berkhasiat mampu menghambat bakteri yang terkait dengan tukak lambung, anti-inflamasi dan protektif acid reflux, gastritis.

Untuk kesehatan mulut, Madu Manuka membantu menghambat bakteri yang terkait dengan pembentukan plak, kerusakan gigi dan penyakit gusi, sakit tenggorokan hingga menenangkan batuk kering. Madu Manuka juga dapat menyembuhan luka, membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan ketika dioleskan untuk luka, luka bakar, lecet, jerawat, eksim.

“Untuk perawatan kulit, Madu Manuka bisa menghidrasi dan memelihara semua jenis kulit, terutama untuk kulit kering atau bermasalah,” terang dia. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: