Search
Kamis 18 Oktober 2018
  • :
  • :

Dewan Hakim Ucapkan Selamat pada Sumatera Utara

Starberita – Medan, Majelis hakim yang bertugas di cabang Fahmil Qur’an pada MTQ Nasional XXVII yang digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, memberikan apresiasi terhadap kemampuan peserta yang mengikuti lomba dalam menjawab soal-soal yang dilombakan.

Ucapan selamat juga diberikan kepada Sumatera Utara selaku tuan rumah penyelenggaraan event dua tahunan ini atas keramahan dan kesuksesannya sekaligus tampil sebagai juara 1 untuk golongan putri dan juara 3 untuk golongan putra.

“Kita harus berikan apresiasi kepada anak-anak peserta lomba dimana kompetensi dan kemampuan yang mereka miliki mewakili level usianya masing-masing. Merekalah putra-putri generasi muda terbaik Indonesia yang cukup membanggakan kita semua. Semoga syiar Islam dan pemahaman Al-qur’an terus kita tingkatkan dari tahun ke tahun,” kata Ketua Majelis Hakim cabang Fahm Al-Qur’an, Ahmad Syukri Shaleh, kemarin.

Terkait materi soal yang diberikan, Syukri menyebutkan bahwa soal yang diberikan sesuai jenjang Madrasah Aliyah tentang hifzil qur’an, tafsir, tilawah, hadist, sejarah islam, ulumul qur’an, LPTQ, hukum, faturrahman dan lain-lain.

“Soal-soal yang kita berikan sudah cukup baik dan bervariasi sesuai tingkatan mereka. Ada yang mudah dan ada yang sulit. Kalaupun ada perbedaan tafsir seperti pada ayat atau hadist, bukan sesuatu yang harus diperdebatkan karena perbedaan hal yang biasa dalam cabang musabaqoh fahmil qur’an,” jelas Syukri menyikapi protes dari sejumlah pengamat dan peserta karena multi tafsir, maupun salah memaknai soal.

Terakhir, Amir Tjonneng yang juga anggota majelis hakim selaku penanya memberikan ucapan selamat kepada Sumatera Utara yang keluar sebagai juara umum untuk cabang Fahm-Al-Qur’an.

“Selamat kepada Sumatera Utara karena tim putri juara 1 dan putra juara 3. Jadi Sumut artinya sudah jadi juara umum. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih atas segala pelayanan dan bantuan yang diberikan selama lomba fahmil qur’an digelar. Semoga di tahun mendatang semuanya bisa lebih kita tingkatkan,” tutup Tjonneng.

Cabang Fahmil Qur’an pada MTQN XXVII 2018 ini diawasi 7 majelis hakim dan 2 panitera. Ke-7 majelis hakim tersebut, masing-masing, Ahmad Syukri Shaleh (Ketua), Amir Tjonneng (anggota), Muchsin Saggaf Shihab, Zaini Kasyful Anwar, Ahmad Fudhaily, M. Zaidi Abdad, serta Asrina. Sedangkan bertindak sebagai panitera pertandingan, masing-masing M. Fazi Fayadl dan Fathur Rozi. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: