Search
Selasa 11 Desember 2018
  • :
  • :

Sulit Tidur? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik

Starberita – Jakarta, Jika tubuh merasa lelah, cara terbaik mengatasinya adalah dengan tidur. Dengan tidur, tubuh bisa beristirahat sejenak setelah seharian beraktivitas. Namun, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk tidur nyenyak setiap malam.

Jika diteruskan, kebiasaan sulit tidur tersebut dapat membahayakan kondisi kesehatan. Bukannya merasa segar di pagi hari, ini justru akan membuat Anda semakin letih.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur, salah satu caranya dengan menggunakan makanan. 4 makanan ini bisa mengatasi kesulitan tidur. Makanan ini akan membuat Anda menjadi lebih nyenyak.

  1. Biji labu

Biji labu mengandung magnesium. Ini berfungsi untuk mengendurkan otot-otot yang sering digunakan. Selain itu, biji labu juga dapat meredakan sakit dan nyeri pada tubuh.

Magnesium juga memiliki peran untuk mengatur siklus tidur seseorang. Cobalah mengonsumsi satu hingga dua sendok makan yang ditambahkan ke yogurt atau salad beberapa jam sebelum tidur. Ini akan membantu Anda untuk tertidur.

  1. Air kelapa

Selain rasanya yang enak, air kelapa juga terkenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya sebagai penghilang rasa sakit alami. Air kelapa merupakan sumber mineral elektrolit yang mengandung kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan natrium.

Kandungan mineral tersebut membantu meredakan kram pada tubuh yang seringkali terjadi pada malam hari. Cobalah untuk minum air kelapa murni sebelum tidur untuk membantu Anda tidur nyenyak.

  1. Segelas susu

Orangtua jaman dahulu sering menyarankan minum susu sebelum tidur. Ya, susu merupakan sumber tryptophan yang baik bagi tubuh. Selain itu, susu mengandung magnesium dan vitamin B yang membantu meningkatkan tidur Anda setiap harinya.

Cobalah minum susu sebelum tidur agar tidur menjadi nyenyak atau Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan pisang yang juga memiliki kandungan tryptophan.

  1. Ceri

Buah kecil ini mengandung kadar melatonin. Melatonin merupakan hormone yang mengatur siklus tidur seseorang. Ceri juga dapat menjadi camilan yang enak dan sehat. Semua ceri mengandung melatonin, ceri Montmorency dapat meningkatkan melatonin tubuh. Ceri ini dapat meningkatkan waktu tidur lebih baik.

  1. Makan sedikit dan sering

Tak hanya menjaga rasa lapar, cara ini juga membantu meningkatkan kadar gula tetap stabil. Karena ketika kadar gula darah menjadi tidak stabil, ini akan menyebabkan Anda jadi sulit tidur. Ini memastikan bahwa hormone kortisol mulai rendah sebelum tidur. Anda bisa membantunya dengan minum secangkir teh chamomile sebelum tidur agar tubuh jadi lebih rileks. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: