Search
Kamis 18 Oktober 2018
  • :
  • :

Selain Gula, Ini 6 Penyebab Diabetes Lainnya Mungkin Tak Pernah Disangka

Starberita – Jakarta, Anda mungkin sudah paham benar bahwa makanan dan minuman manis adalah penyebab diabetes tipe 2 yang paling umum. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan, nyatanya ada beberapa kebiasaan lain yang tanpa disadari dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes.

Berbagai penyebab diabetes tipe 2 yang tak disangka-sangka

Sejumlah kebiasaan berikut ini mungkin awalnya dianggap aman untuk gula darah Anda. Namun mulai sekarang, baiknya hindari kebiasaan ini karena justru dapat membuat gula darah Anda melonjak.

1. Tidak minum kopi

Pengidap diabetes tipe 2 cenderung membatasi minum kopi karena takut kandungan kafein dan gulanya dapat meningkatkan gula darah. Namun, sebuah penelitian dari Harvard University justru mengungkapkan bahwa orang yang membatasi minum kopi berisiko terkena diabetes hingga 17 persen.

Rutin minum kopi hitam justru dapat membantu gula darah Anda tetap stabil. Akan tetapi, hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam cangkir kopi Anda, ya.

2 Sering pakai obat kumur

Menurut sebuah penelitian dari University of Alabama, sekitar 55% orang yang rutin pakai obat kumur 2 kali sehari selama 3 tahun didiagnosis terkena diabetes tipe 2.

Obat kumur memang dapat membilas bakteri penyebab masalah gigi dan mulut, tapi secara bersamaan bakteri ini juga membantu mengendalikan gula darah. Membilas bakteri dalam mulut justru riskan membuat gula darah gampang naik.

3. Makan makanan tinggi garam

Kebanyakan makan makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan hipertensi, dua pemicu diabetes yang paling umum. Lebih dari itu, konsumsi garam berlebihan juga dapat memengaruhi resistensi insulin sehingga meningkatkan risiko diabetes.

4. Makan makanan bebas gluten

Katanya, mengonsumsi makanan bebas gluten itu baik bagi orang yang mengalami alergi gluten seperti penyakit Celiac. Akan tetapi, American Heart Association menemukan bahwa sebanyak 13 persen orang dewasa yang mengonsumsi makanan bebas gluten justru berisiko terkena diabetes.

Orang yang menghindari gluten cenderung mengonsumsi biji-bijian yang mengandung rendah serat. Padahal, serat ini sangat penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menghindari risiko diabetes.

5. Minum obat kolesterol statin

Meski sering diandalkan sebagai obat penurun kolesterol, statin juga memiliki beberapa efek samping. Salah satunya, obat ini bisa menaikkan kadar gula darah Anda hingga 36 persen. Sayangnya, penyebabnya belum diketahui secara pasti.

6. Terbiasa menyendiri

Bagi Anda yang terbiasa hidup sendiri dan melakukan apa pun sendirian, hati-hati risiko terkena diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa risiko diabetes tipe 2 meningkat hingga 112 persen pada wanita usia 40-75 tahun yang tidak aktif bersosialisasi.

Para ahli menduga bahwa orang yang terbiasa sendiri berisiko tinggi mengalami depresi, salah satu faktor risiko diabetes. Maka itu, yuk ajak keluarga atau teman minum kopi atau menonton film di akhir pekan supaya Anda terhindar dari risiko diabetes tipe 2. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: