Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Tak Semua Lemak Selalu Jahat, Ini Beda & Jenis Makanannya!
Search
Rabu 16 Oktober 2019
  • :
  • :

Tak Semua Lemak Selalu Jahat, Ini Beda & Jenis Makanannya!

Starberita – Jakarta, Meskipun lemak memiliki reputasi yang buruk dalam hal diet dan kesehatan, namun penting untuk Anda memahami bahwa lemak adalah komponen penting untuk membantu tubuh menyimpan energi. Tidak hanya itu, lemak juga sangat bagus untuk kesehatan tulang, otot, dan kulit secara keseluruhan. Akan tetapi, memang tidak semua lemak baik bagi tubuh.

Lemak adalah mikronutrien, dengan molekul yang terbuat dari satu molekul gliserol dan tiga asam lemak. Lemak bisa saja berubah menjadi lemak jenuh, tergantung pada jumlah ikatannya.

Untuk mengetahui dan membedakan jenis-jenis lemak, berikut jenis-jenis lemak yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Lemak jenuh 

Meskipun masih banyak perdebatan, belum terbukti bahwa lemak jenuh buruk untuk Anda, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Lemak jenis ini adalah lemak tanpa ikatan ganda, yang berarti semua atom karbon jenus dan atom hidrogen. Makanan yang mengandung lemak jenuh diantaranya adalah daging berlemak, produk susu penuh lemak, kelapa dan minyak kelapa, minyak sawit, dan lain sebagainya.

Manfaat utama dari lemak jenuh adalah lemak ini sangat bagus untuk memasak, karena lemak ini tidak memiliki ikatan rangkap, maka minyak ini tahan terhadap panas. Jadi jika Anda menggoreng dengan panas tinggi, Anda tidak perlu khawatir.

  1. Lemak tak jenuh tunggal

Lemak ini adalah salah satu lemak yang baik untuk Anda. Lemak jenis ini terbagi menjadi 2 yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh tunggal memiliki satu ikatan ganda dan ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, kacang dan biji-bijian. Lemak ini tidak hanya dapat meningkatkan energi, tetapi juga membantu menurunkan berat badan, mengurangi penyakit jantung, dan mengurangi peradangan lambung.

Lemak ini membantu sindrom metabolik juga memperlancar pencernaan dan gerakan usus.Bahkan lemak ini direkomendasikan jika Anda ingin menjalani diet keto. Karena lemak ini membantu mengurangi kolesterol darah dan trigliserida, menurunkan tekanan darah, memberi manfaat pada penderita diabetes tipe 2, dan bahkan dapat mengurangi kanker seperti kanker prostat, kanker payudara dan lain-lain.

  1. Lemak tak jenuh ganda

Dibandingkan dengan lemak tak jenuh tunggal, lemak ini lebih sehat untuk tubuh Anda. Makanan yang mengandung lemak ini adalah makarel, tiram, salmon, ikan haring, ikan trout, dan ikan berlemak serupa. Selain itu lemak ini juga terkandung dalam minyak kacang, minyak kedelai, minya bunga matahari, selai kacang tanpa gula, minyak canola, kenari, biji wijen, rumput laut bahkan gandum. Asam lemak Omega 3 dan asam lemak Omega 6 ditemukan dalam lemak jenis ini dalam jumlah besar, yang merupakan komponen yang vital dari kesehatan kulit, kesehatan tulang, kesehatan jantung dan sebagainya.

Lemak ini juga baik untuk mengobati gangguan neurologis, meningkatkan kesehatan otak, dan mencegah penyakit alzheimer. Lemak ini juga bermanfaat untuk kehamilan, dengan mengurangi risiko lahir prematur dan meningkatkan kesehatan janin.

  1. Lemak trans

Lemak ini adalah jenis lemak yang tidak baik bagi tubuh Anda. Lemak ini sebagian besar adalah lemak buatan yang tidak dikenali oleh tubuh Anda. Jika masuk ke dalam tubuh, lemak ini akan menetap dalam darah dan tidak diproses. Biasanya membersihkan lemak ini menggunakan HDL atau High Density Lipoprotein. Namun, mengingat bahwa HDL adalah lemak yang bagus, ini adalah hal buruk. Hal ini membuat dinding bagian dalam pembuluh darah bersih. Jadi apabila Anda menggunakan terlalu banyak HDL, tingkat depleting dapat menyebabkan kolesterol jahat dan juga tekanan darah dalam tubuh Anda. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: