Search
Minggu 12 Juli 2020
  • :
  • :

Ternyata, Ini Penyebab Bayi Lahir Mengidap Asma

Starberita – Jakarta, Paparan serbuk sari pada wanita hamil di trimester akhir, berisiko memicu asma pada janin yang dikandungnya. Studi tersebut menemukan, daya imun tubuh bayi saat lahir akan menurun seiring dengan perkembangan alergi yang memicu asma pada sistem pernapasannya.

Bayi yang lahir di musim saat serbuk sari mudah menyebar, memiliki kadar immunoglobulin E (IgE) yang tinggi di darahnya. Ini menjadi pertanda adanya perkembangan alergi pada tubuh bayi.

“Paparan serbuk sari di bulan pertama kelahiran bayi, dapat memicu penyakit pernapasan alergi. Kami juga memprediksi, paparan serbuk sari saat trimester akhir kehamilan pun dapat menyebabkan hal yang sama,” ujar ketua penelitian, Bircan Erbas.

Meski begitu, Bircan menuturkan tak semua bayi yang lahir di musim penyebaran serbuk sari, memiliki alergi sistem pernapasan seperti asma. Namun, ini bisa menjadi salah satu prediksi untuk mencegah perkembangan alergi.

“Serbuk sari hanya salah satu penyebabnya saja. Masih ada faktor lain yang dapat memicu asma dan alergi lainnya pada bayi baru lahir,” lanjutnya.

Studi ini telah meneliti darah plasenta pada bayi yang baru lahir. Sebanyak ratusan bayi yang berasal dari Melbourne, Denmark, dan German menjadi subjek penelitian ini. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: