Search
Selasa 25 September 2018
  • :
  • :

Tak Cuma Dehidrasi, Ini 6 Penyebab Mulut Kering

Starberita – Jakarta, Hampir semua orang pernah merasakan mulut kering. Apalagi kalau Anda kurang minum alias dehidrasi, ditambah lagi sedang berada di bawah terik matahari, maka tenggorokan pun rasanya ikut kering dan sakit. Nyatanya, penyebab mulut kering tak hanya karena dehidrasi, lho. Simak kemungkinan lainnya di bawah ini.

Apa saja penyebab mulut kering?

Berikut ini adalah berbagai penyebab mulut kering yang umum terjadi, di antaranya:

1. Faktor usia

Semakin bertambah usia, semakin menurun pula produksi air liur Anda. Maka tak heran kalau orang lanjut usia, kakek, nenek, atau bahkan Anda sendiri sering mengalami mulut kering.

2. Merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol merupakan dua penyebab mulut kering yang paling umum. Pasalnya, dua kebiasaan buruk ini dapat menurunkan produksi air liur dan memperparah gejala mulut kering.

3. Konsumsi obat-obatan

Kalau Anda sering merasakan mulut kering, coba lihat lagi jenis obat-obatan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis obat, khususnya obat bebas tanpa resep, memiliki efek samping berupa mulut kering.

Jenis obat yang bisa jadi penyebab mulut kering di antaranya obat penenang atau obat bius, obat hipertensi, serta beberapa antihistamin, dekongestan, dan obat nyeri otot.

4. Terapi kanker

Orang yang sedang menjalani perawatan kanker dengan kemoterapi atau radiasi biasanya akan mengalami mulut kering. Efek samping pengobatan kanker dapat mengubah sifat dan jumlah air liur, sehingga rentan menyebabkan mulut kering.

Tak perlu cemas, hal ini biasanya bersifat sementara dan akan kembali normal setelah terapi kanker Anda selesai. Namun, hal ini juga bisa bersifat permanen jika dosis obat yang digunakan cukup tinggi.

5. Kerusakan saraf

Cedera atau operasi di bagian kepala dan leher bisa menyebabkan efek samping berupa mulut kering. Pasalnya, saraf yang ada di kepala dan leher berperan penting untuk mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah supaya menghasilkan air liur.

Jika saraf-saraf tersebut rusak, maka tidak ada lagi saraf yang mengirimkan sinyal ke kelenjar ludah. Alhasil, jumlah air liur menurun dan menyebabkan mulut kering.

6. Penyakit tertentu

Mengalami mulut kering terus, bahkan lama-lama semakin parah? Segera periksakan diri Anda ke dokter.

Bisa jadi ada penyakit tertentu yang sedang Anda alami, mulai dari yang ringan hingga parah. Contohnya sariawan, gondongan, rematik, hipertensi, diabetes, stroke, penyakit Alzheimer, hingga penyakit autoimun seperti sindrom Sjogren atau HIV/AIDS. Ya, beberapa penyakit tersebut memiliki efek samping berupa mulut kering yang membuat Anda jadi tak nyaman. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: