Search
Senin 19 November 2018
  • :
  • :

Masih Muda Sudah Beruban? Awas, Anda Beresiko Penyakit Jantung

Starberita – Jakarta, Rambut beruban adalah salah satu tanda penuaan alami yang terjadi pada setiap orang. Hal ini tak perlu dikhawatirkan atau ditutupi. Namun, kalau Anda termasuk orang yang sudah beruban di usia muda, Anda lebih berisiko mengidap penyakit tertentu di kemudian hari. Bagaimana bisa warna rambut menentukan kesehatan seseorang? Cari tahu jawaban lengkapnya di bawah ini.

Apa hubungannya rambut beruban dengan risiko penyakit jantung?

Menurut sebuah penelitian baru, semakin cepat seseorang beruban semakin tinggi pula risikonya mengidap penyakit jantung yang disebabkan oleh aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri adalah istilah yang digunakan untuk membahasakan penyempitan atau pengerasan arteri. Kalau arteri menyempit atau mengeras, terjadilah penyumbatan sehingga aliran darah ke seluruh tubuh jadi macet. Akibatnya yaitu macam-macam, mulai dari serangan jantung hingga stroke.

Penelitian yang dipublikasikan pada pertemuan tahunan European Society of Cardiology ini melihat adanya keterkaitan antara rambut beruban dengan risiko penyakit jantung. Setelah melakukan serangkaian tes kesehatan pada ratusan pria dewasa, penelitian ini melihat bahwa mereka yang mengidap aterosklerosis (atau berisiko tinggi mengidap aterosklerosis) ternyata beruban lebih cepat. Selain itu, hasil penelitian ini juga menemukan bahwa orang yang cepat beruban memiliki timbunan kalsium yang lebih besar di dalam arteri mereka.

Menurut pakar kardiologi dr. Irini Samuel yang mengepalai penelitian ini, baik ateroskleroris maupun rambut beruban adalah kondisi kesehatan yang sama-sama didorong oleh faktor usia. Namun, muncul uban di usia paruh baya berarti ada kerusakan sel-sel pigmen di rambut yang cukup parah. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh peradangan, perubahan hormon, berhentinya pertumbuhan dan perbaikan sel, serta radikal bebas.

Sementara itu, aterosklerosis juga dipicu oleh hal-hal yang sama. Maka, para peneliti pun menyimpulkan bahwa ada kaitan erat antara rambut yang lebih cepat beruban dengan penyakit jantung akibat aterosklerosis.

Apakah cepat beruban artinya punya penyakit jantung?

Meski penelitian terbaru ini menyingkap hubungan antara rambut beruban dengan risiko penyakit jantung, kaitan tersebut bukan harga mati. Maksudnya, tak semua orang yang cepat beruban pasti punya penyakit jantung. Pasalnya, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan bahwa rambut beruban lebih cepat adalah salah satu gejala aterosklerosis. Misalnya penelitian terhadap wanita dewasa.

Ada tanda-tanda lain yang harus diamati kalau Anda curiga punya penyakit jantung yang disebabkan oleh aterosklerosis. Tanda-tanda tersebut antara lain kadar kolesterol tinggi serta tekanan darah tinggi.

Faktor lain yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung

Anda sudah beruban dan khawatir dengan risiko penyakit jantung? Perhatikan kalau Anda memiliki faktor-faktor risiko berikut ini.

  • Merokok
  • Diabetes
  • Kelebihan berat badan, terutama di bagian pinggang
  • Kurang makan buah dan sayur
  • Kurang olahraga
  • Keturunan, misalnya orangtua ada yang pernah kena aterosklerosis

Bila Anda punya faktor risiko diatas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Banyak orang tak sadar mengidap aterosklerosis sampai tiba-tiba kena serangan jantung atau stroke. Dengan langsung periksa, Anda jadi bisa mengambil keputusan yang lebih baik soal kesehatan jantung Anda. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan