Search
Minggu 18 November 2018
  • :
  • :

Jangan Panik, Atasi Fobia dengan 5 Cara Ini

Starberita – Jakarta, Semua orang punya ketakutan terhadap suatu hal. Tapi kadang-kadang respon yang berlebihan terhadap rasa takut tersebut tidak baik dan saat itulah ketakutan berubah menjadi fobia.

Psikolog Nicole Martinez, Psy.D., LCPC, mengatakan bahwa fobia adalah ketakutan ekstrem atau tidak rasional atau keengganan terhadap sesuatu.

“Biasanya di suatu tempat di masa kecil mereka lalu mengaitkan ini hal tersebut dengan rasa takut, atau memiliki pengalaman buruk di tempat tersebut,” ucapnya.

Dimanapun rasa takut Anda berasal, ada beberapa cara yang bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut. Ini mungkin tidak mudah dan butuh waktu lama. Tetapi Anda dapat melihat beberapa perubahan yang membaik dan melanjutkan hidup Anda dengan tenang. Simak ulasannya berikut:

Cari dukungan

Orang-orang yang memberi dukungan akan membantu Anda menyadari bahwa Anda tidak sendirian, atau aneh, atau gila, dan hal ini bisa sangat membantu untuk melewati rasa takut. Berada di sekitar orang yang berpikiran sama yang semuanya ingin menjadi lebih baik akan meningkatkan kesempatan Anda untuk pulih. Jadi, carilah teman, dukungan, atau grup obrolan online, dan mulai atasi masalah Anda bersama.

Konsultasi dengan dokter

Jika Anda merasa fobia sudah semakin parah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli untuk membantu pemulihan Anda dengan obat-obatan. Menurut WebMD, ada tiga jenis obat yang bekerja dengan baik dengan fobia. Yang pertama adalah beta blockers, yang memblokir efek stimulasi adrenalin dalam tubuh. Lalu ada antidepresan untuk membantu mengubah suasana hati Anda. Dan obat penenang, seperti Xanax, yang dapat membantu mengurangi perasaan cemas. Tanyakan kepada dokter mana yang terbaik untuk Anda konsumsi.

Cari tahu tentang hal tersebut

Katakanlah Anda takut naik pesawat. Membaca semua tentang cara kerja pesawat, statistik penerbangan, dan tindakan keselamatan akan membantu Anda merasa lebih mampu mengendalikan situasi. Hal yang sama berlaku untuk hampir semua fobia. Sedikit pengetahuan bisa membantu mengurangi rasa takut Anda.

Relaksasi

Salah satu bagian terburuk dari fobia adalah reaksi fisik seperti pernapasan dangkal, jantung berdebar, dan lain sebagainya yang sebenarnya dapat membuat rasa takut menjadi lebih buruk. Jadi teknik relaksasi mungkin berguna untuk membantu menenangkan kepanikan Anda. Dengan menarik napas dalam-dalam dari perut, Anda dapat membalikkan sensasi fisik ini.

Tetap lakukan

Jika Anda enggan melakukan sesuatu karena takut, maka yang harus Anda lakukan adalah tetap lakukan dan lawan rasa takut tersebut. Misalnya Anda takut naik pesawat karena takut ketinggian. Anda berpikir sangat menakutkan, dan ketinggiannya menakutkan. Tapi itu tidak berarti Anda tidak bisa naik pesawat. Biarkan kecemasan datang, dan kemudian lakukan yang terbaik untuk melaluinya. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan