Search
Senin 19 November 2018
  • :
  • :

Godfried: Petugas Parkir Harus Miliki Etika & Sopan Santun

Starberita – Medan, Masih ingat kasus perbuatan tidak senonoh petugas parkir yang direkam warga di Jalan Gatot Subroto dan sempat viral di media massa? Peristiwa itu harus menjadi evaluasi Dinas Perhubungan Kota Medan dalam menempatkan petugasnya di lapangan.

Anggota Komisi D DPRD Medan, Godfried Lubis, menerangkan petugas parkir harus memiliki etika dan sopan santun saat bertugas. Hal itu harus menjadi dasar bagi petugas di lapangan dalam mengutip uang parkir dari warga yang menggunakan jasanya.

“Dinas Perhubungan Kota Medan harus mengajari petugas parkir ketentuan dasar dalam mengutip parkir. Minimal, petugas parkir harus mengetahui standar pelayanan dan sopan santun,” kata Godfried Lubis kepada wartawan di Medan, Kamis (13/9/2018).

Dia menyesalkan peristiwa yang sempat viral tersebut. Sejatinya, pengutipan parkir terhadap warga juga harus memperhatikan kondisi.

“Masak warga parkir tapi tidak jadi beli, dikutip parkir juga. Tidak bisa begitu. Kalau memang mereka hanya sebentar parkir, harus ada dispensasi. Harus ada ketentuan berapa lama parkir, baru dikutip. Kalau tidak, dia khawatir banyak warga yang komplain,” sebutnya.

Begitu juga mengenai kertas parkir yang dicoret tersebut, Godfried menyakini 50 persen kertas parkir yang beredar di Kota Medan adalah palsu karena diduga dicetak oleh oknum. Kertas parkir itu diyakini tidak identik dengan bukti parkir yang ada di Dinas Perhubungan Kota Medan.

“Kalau dicoret-coret begitu, ya sudah gak jelas lah. Banyak kita dapati, kertas parkir ini palsu dan tidak terdaftar di Dinas Perhubungan,” sebutnya.

Dia meminta, Dinas Perhubungan Kota Medan dapat memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi petugas parkir sebelum ditugaskan mengutip uang parkir. Apalagi ada anggaran yang disediakan pada APBD Kota Medan.

“Petugas parkir itu harus terlatih. Jangan main asal tunjuk saja. Jangan semua orang bisa jadi tukang parkir. Nanti taunya cuma minta uang aja,” sindirnya.

Diketahui, seorang warga menolak membayar uang parkir dan bertengkar dengan petugas parkir yang berperilaku tidak senonoh. Warga tersebut, Tina Sumbayak, membagikan video tentang pengalamannya cekcok dengan beberapa juru parkir di Jalan Nibung Raya, Medan Petisah, Senin (10/9/2018) lalu. (sbc-02)

 

 

 




Tinggalkan Balasan