Search
Senin 24 Februari 2020
  • :
  • :

PFI Medan & ACT Sumut Akan Lakukan Aksi Sosial Untuk Lombok

Starberita – Medan, Sejumlah jurnalis foto yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, berangkat ke Lombok Nusa Tenggara Barat bersama Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara.

Dimana anggota PFI itu terdiri dari Hermansyah, Riski Cahyadi, Hendra Syamhari, dan Fauzi Chaniago, didampingi oleh Marketing Communication ACT Sumut, Ilham Moehammad. Keberangkatan utusan PFI Medan ini sengaja digagas oleh ACT Sumut sebagai langkah awal kolaborasi dan kemitraan dengan media, khususnya Pewarta Foto.

Selain itu juga, hal itu adalah sebagai upaya mengiformasikan kepada masyarakat Sumatera Utara bahwa apa yang telah mereka donasikan beberapa pekan sebelumnya telah terealisasi di Lombok. Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi mengatakan, keberangkatan sejumlah pewarta foto tersebut merupakan bentuk aksi sosial dari organisasi profesi wartawan foto tersebut. Sebelumnya, kata Rahmad, PFI Medan juga melakukan kegiatan sosial di sejumlah lokasi bencana, yakni korban erupsi gunung Sinabung dan gempa Pidie, Aceh.

“Kami tidak hanya memberitakan bencana tersebut tapi kami ingin membantu meringankan beban korban bencana tersebut. Diantaranya melakukan penggalangan dana dengan melelang foto hasil liputan dan hasilnya diserahkan ke korban bencana tersebut. Untuk bencana gempa di Lombok, PFI Medan bekerja sama dengan ACT untuk penggalangan dana tersebut,” sebut Rahmat, Selasa (11/9/2018).

Para pewarta foto ini, sambungnya, akan melakukan dokumentasi kesetiap posko-posko Aksi Cepat Tanggap di Lombok, dan menjadi saksi telah dibangunnya ratusan Integrated Comunity Shelter, yang mulai dihuni oleh masyarakat yang terdampak gempa bumi di Lombok.

“Selain itu, hasil foto mereka nantinya juga akan dipamerkan serta dilakukan lelang di rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara pada Malam Charity Dinner pada 21 September 2018 mendatang. Dan hasil lelang foto-foto terbaik akan didonasikan kembali kepada masyarakat terdampak Gempa Bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat,” pungkasnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: