Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Terkelin & Ngogesa Kompak: Jalan Tembus Karo – Langkat Harus Tuntas
Search
Senin 18 November 2019
  • :
  • :

Terkelin & Ngogesa Kompak: Jalan Tembus Karo – Langkat Harus Tuntas

Starberita – Kabanjahe, Setelah melalui proses yang sangat panjang dan melelahkan dengan melibatkan semua pihak, peningkatan pembangunan jalan tembus Karo – Langkat yang sudah ditampung anggarannya sebesar Rp14 milyar lebih di APBD Sumatera Utara, dan harus tuntas tahun ini.

Demikian diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didamping Bupati Langkat Ngogesa Sitepu di Medan, kemarin.

“Pembangunan peningkatan jalan, jalur alternatif Kabupaten Langkat – Kabupaten Karo, semakin terasa dibutuhkan menghindari terjadinya kemacetan parah yang kerap terjadi di jalan nasional Medan – Berastagi,” kata Terkelin.

Dia mengatakan, kemacetan bukan lagi cuma di hari-hari libur, tapi di hari-hari biasa juga sudah sering dijumpai kemacetan parah mengakibatkan antrian mobil dari kedua arah sangat panjang.

“Hal itu tentunya sangat merugikan perekonomian masyarakat beberapa kabupaten yang melintas, termasuk kerugian distribusi hasil-hasil pertanian Karo ke pasar Induk Medan serta pariwisata Karo,” imbuhnya.

Dibukanya jalur penghubung ini, desa Kuta Rayat (Kabupaten Karo) – desa Telagah (Kabupaten Langkat) akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, terbuka jalur distribusi barang yang relatif lebih cepat dan murah. “Derasnya tuntutan masyarakat agar jalur Karo-Langkat dijadikan sebagai jalur alternatif, sangat wajar, mengingat seringnya macat parah jalur utama Medan- Berastagi,” ujarnya.

“Jalan tembus Karo – Langkat yang masuk link jalan provinsi harusnya sudah dikerjakan pihak rekanan pemenang lelang proyek. Namun karena menurut Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuaer (BB RNGL), berkas administrasi masih belum lengkap seperti perjanjian kerjasama izin masuk alat berat ke kawasan TNGL maupun Forum Group Discusi (FGD) yang menurut rencana besok dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan yang kurang,” imbuh Terkelin.

Sementara Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu mengakui, bila erupsi gunung Sinabung terjadi sewaktu waktu dapat mengancam jiwa keselamatan masyarakat, untuk itu proyek peningkatan jalan ini harus diprioritaskan perbaikannya tahun ini juga mengingat proses penganggarannya sudah melalui sidang paripurna DPRD Sumatera Utara.

“Jadi tidak ada lagi alasan proyek peningkatan jalan yang sangat diharapkan masyarakat dua kabupaten ini gagal dikerjakan,” ujar Ngogesa Sitepu. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: