Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Jurnalis Dituntut Cerdas Sajikan Informasi Perbankan
Search
Rabu 22 Januari 2020
  • :
  • :

Jurnalis Dituntut Cerdas Sajikan Informasi Perbankan

Starberita – Parapat, Tidak semua masyarakat mudah dan mengerti terhadap isu-isu perbankan yang disajikan oleh media.

Hal itu karena isu perbankan kerap berkaitan dengan angka dan menggunakan istilah asing dan singkatan-singkatan. Oleh karenanya, jurnalis juga dituntut agar lebih cerdas dalam menyajikan informasi terkait dengan perbankan.

Sebagaimana hal itu diungkapkan salah seorang jurnalis senior dari Bisnis Indonedia yang kini aktif di Public Relation Bank Sumut, Erwin syah saat menjadi narasumber dalam Workshop Jurnalistik Perbankan 2018 Bank Sumut – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumut di Parapat, kemarin.

Dan untuk bisa menyajikan informasi sesuai pangsa pasarnya, kata Erwin, jurnalis yang bertugas di pos liputan perbankan juga harus memahami sejumlah hal penting terkait dengan perbankan. Terlebih lagi, dalam membuat berita perbankan, para jurnalis harus menganalisa informasi apa yang penting dan menarik bagi customer bank, investor dan pelaku pasar uang, regulator dan pengawas bank, komunitas bisnis, organisasi/komunitas sosial.

“Ini penting diketahui oleh para jurnalis agar informasi perbankan yang akan disampaikannya dapat mudah dimengerti dan menarik untuk dibaca oleh target pembacanya,” jelasnya.

Erwin pun mencontohkan, untuk informasi apa yang penting dan menarik bagi customer bank, antara lain, informasi mengenai kemanan bank, kesehatan dan kinerja bank, produk dan operasional serta regulasi. Sedangkan untuk informasi yang penting bagi investor atau pelaku pasar uang, ialah informasi soal laba, kebutuhan modal/saham, rencana bisnis dan kebijakan, serta tinjauan soal perbankan.

“Makanya, jurnalis juga harus tau pangsa pasar pembaca, sehingga informasi tidak salah sasaran. Jika berita perbankan untuk kalangan masyarakat biasa seperti custumer, informasi yang disajikan harus menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dengan tidak banyak menggunakan istilah asing dan berat. Namun jika sasarannya para pelaku perbankan, sah-sah saja gunakan istilah asing dan angka-angka,” pungkasnya. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: