Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ternyata, Kurang Tidur Bisa Rusak Kekebalan Tubuh
Search
Kamis 21 November 2019
  • :
  • :

Ternyata, Kurang Tidur Bisa Rusak Kekebalan Tubuh

Starberita – Jakarta, Siapa nih yang sering kurang tidur? Kurang tidur bisa merusak kekebalan tubuh, lho. Kalalu kekebalan tubuh menurun akibat kurang tidur, Kamu akan mudah sakit.

Kurang tidur berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang akan berakibat pada masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Seperti yang diketahui, sistem kekebalan tubuh dirancang untuk melindungi diri infeksi dan serangan kuman. Nah, jika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik, tentunya kita jadi mudah sakit, nih.

“Ada yang mengatakan kalau kurang tidur dapat membuat Kamu sakit dan anggapan ini terbukti benar dengan beberapa data eksperimen,” jelas dr. Diwakar Balachandran, direktur di Sleep Center University of Texas M.D Anderson Cancer Center.

Sistem kekebalan tubuh cukup kompleks dan terdiri dari beberapa jenis sel dan protein untuk menjaga dari penyerbu atau penyerang asing, seperti virus flu ataupun pilek. “Banyak penelitian menunjukkan kalau sel-sel tubuh menurun saat kkurang tidur,” jelas dr. Diwakar.

Kurang tidur tidak hanya membuat tubuh jadi mudah terkena penyakit, tetapi juga memengaruhi kemampuan tubuh melawan penyakit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah akibat kurang tidur, Kamu pun akan lebih rentan terkena infeksi.

Tidak sampai di situ saja nih Gengs, penelitian lain telah menunjukkan kalau seseorang yang kurang tidur akan mendapat perlindungan tubuh yang lebih sedikit dari vaksin flu. “Kita tahu kalau respons kekebalan tubuh menurun saat kita kurang tidur. Hal ini menyebabkan tubuh lebih sedikit membuat antibodi,” ujar dr. John Park.

Jika dihubungkan dengan kematian, studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang tidur selama 7 jam semalam memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan lebih panjang dibandingkan mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam.

Lalu, Bagaimana agar Tidak Mudah Sakit?

Agar sistem kekebalan tubuh tidak menurun, tentu Kamu harus tidur cukup dan berkualitas setiap harinya. Tidur, menurut dr. Diwakar Balachandran, merupakan salah satu komponen dari gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, sempatkanlah selalu untuk tidur yang cukup.

“Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap harinya dengan waktu bangun yang sama pula. Pastikan kondisi kamar memadai (dingin dan redup), serta matikan komputer, TV, ataupun ponsel sebelum tidur,” jelasnya.

Tidak hanya berusaha untuk tidur, gaya hidup sehat juga perlu diterapkan agar Kamu mendapat tidur yang berkualitas. Agar sistem kekebalan tubuh tidak menurun, mulailah mengatur pola makan sehat dengan selalu mengonsumsi sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, maupun biji-bijian.

Mengonsumsi suplemen juga bisa Kamu lakukan agar tidak mudah sakit nih, Gengs. Suplemen yang terbuat dari bahan herbal bisa menjadi pilihan yang tepat, seperti STIMUNO Forte yang merangsang produksi antibodi agar daya tahan tubuh lebih optimal.

“Bekerja di media yang menuntut saya untuk selalu aktif, cepat, dan kurang tidur membuat saya harus mencukupi nutrisi agar tidak mudah sakit dan selalu bugar. Saya pun memilih STIMUNO Forte untuk menjaga kesehatan saya,” cerita Ghina Nurul, seorang pekerja di media.

Merupakan produk herbal yang telah teruji preklinik maupun klinik dan mengandung meniran atau Phyllanthus niruri, Ghina rutin mengonsumsi STIMUNO Forte untuk menjaga kesehatannya. Selain mengonsumsi suplemen, Ghina tetap menyempatkan untuk tidur yang cukup.

STMUNO Forte berperan sebagai immunomodulator yang tidak sama dengan multivitamin. Kalau multivitamin biasanya berfungsi memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, STIMUNO Forte yang bekerja sebagai immunomodulator berfungsi dan memperkuat sistem imun. Jadi, kita tidak mudah gampang sakit, deh! (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: